Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Home Credit Indonesia Ajak Generasi Muda Jadi Wirausaha Cerdas Finansial

Home Credit Indonesia Ajak Generasi Muda Jadi Wirausaha Cerdas Finansial Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Fenomena banyaknya kesalahan dalam pengelolaan keuangan kerap terjadi di Indonesia. Banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, mulai dari gaya hidup, tabunya membicarakan uang karena sering dipandang sebagai hal yang negatif dan sensitif, hingga kurangnya pengetahuan yang diperoleh. Bahkan menurut Teens&Money Survey Findings, 2011, 82% remaja mengaku mendapatkan pendidikan literasi keuangan dari orang tuanya. 

Menyikapi hal tersebut, Home Credit Indonesia, perusahaan pembiayaan berbasis teknologi global, menyambangi Universitas Negeri Manado untuk menggelar kelas Literasi Keuangan kepada mahasiswa-mahasiswi yang bertemakan “Jadilah Wirausaha dan Cerdas Finansial”.

Baca Juga: Berdayakan Mitranya, Home Credit Dukung Pertumbuhan UMKM

Semenjak 2014, Home Credit Indonesia sudah melakukan kelas Literasi Keuangan yang diikuti oleh 5.375 peserta di Indonesia. Manado menjadi kelas literasi keuangan ke 53 dengan jumlah peserta sebanyak 125 orang. Home Credit Indonesia menyadari bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki pengetahuan dan keterampilan memadai mengenai produk dan layanan keuangan. 

Bahkan, berdasarkan data yang diungkap OJK, baru 29,7% masyarakat yang memahami literasi keuangan, ini masih dibawah target 2019 sebesar 35%. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Home Credit Indonesia untuk berperan aktif dalam mendukung pemerintah dalam meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mengelola keuangan serta penggunaan produk dan layanan lembaga keuangan.

Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia mengatakan, “Di tahun 2019 ini, kami kembali hadir di Sulawesi, kali ini khususnya Manado, untuk melanjutkan misi kami dalam memberikan pemahaman literasi keuangan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu mendorong generasi muda mengelola keuangannya dengan baik, hingga menumbuhkan jiwa wirausaha."

Baca Juga: Bank DBS Tawarkan Program Bundling untuk Pelanggan Home Credit

Dalam kegiatan ini, Home Credit Indonesia memberikan pemahaman bagaimana mengelola keuangan dengan benar, diantaranya adalah memahami perbedaan kebutuhan vs. keinginan, karena masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang belum memahami dengan benar mengenai kebutuhuan dan keinginan, dan terjebak dengan gaya hidup. 

Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini, para mahasiswa-mahasiswi Universitas Negeri Manado diberikan pemahaman mengenai tujuan keuangan, investasi dan tentunya wirausaha yang dapat dilakukan sejak usia muda.

“Setelah mengikuti kegiatan bermanfaat ini, diharapkan para generasi muda mampu mengelola keuangannya dengan benar dan menjadi wirausaha yang cerdas finansial di masa mendatang,” tambah Andy.

Baca Juga: Home Credit Cari Talenta Muda Lewat Data Science Academy

Sepanjang kuartal pertama di tahun 2019, Home Credit Indonesia telah melaksanakan 3 kegiatan literasi keuangan, termasuk di Manado. Pada Februari lalu, Home Credit Indonesia berkesempatan mengunjungi Universitas Lambung Mangkurat di Banjarmasin dan pada April lalu kegiatan Literasi Keuangan telah berlangsung di Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur. 

Melalui 3 kegiatan tersebut, Home Credit Indonesia telah mengedukasi sebanyak 350 generasi muda Indonesia. Inisiatif ini akan terus dilakukan sepanjang tahun 2019 ini dengan menargetkan total 1000 peserta.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: