Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Fakta Membuktikan, THR Banyak Dipakai untuk....

Fakta Membuktikan, THR Banyak Dipakai untuk.... Kredit Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Warta Ekonomi, Jakarta -

Selama bulan Ramadan lalu, ke mana perginya Tunjangan Hari Raya (THR) Anda? Apakah habis begitu saja atau ada bagian yang sudah disimpan untuk tabungan masa depan?

Nah, untuk mengetahui penggunaan THR pascapuasa tahun ini, platform survei daring JakPat mengadakan riset kepada 933 orang pada 18-19 Juni lalu. Ternyata, dari survei itu terungkap fakta, prioritas perempuan dan laki-laki dalam menyalurkan THR-nya sedikit berbeda, loh.

"Ada prioritas berbeda antara responden laki-laki dan perempuan. Laki-laki lebih mengutamakan THR untuk bayar sedekah/zakat, sedangkan perempuan lebih mengedepankan THR untuk belanja pakaian," tulis JakPat dalam laporan surveinya, dikutip Jumat (28/6/2019).

Baca Survei Lengkap: What's Your Holiday Allowance (THR) for? – Jakpat Special Report

Yang unik, di tengah digitalisasi yang semakin marak, perempuan lebih suka membeli pakaian secara luring (offline). Dari 83,4% responden yang berbelanja di ritel, mayoritas merupakan perempuan berusia 20-25 tahun.

"Alasannya, karena responden merasa lebih bisa mencoba produknya secara langsung dan bisa diperoleh saat itu juga," tulis JakPat lagi.

Kalau perempuan memilih belanja pakaian dengan THR-nya, laki-laki lebih suka beli gawai--di luar sedekah dan sebagainya. Gawai yang banyak dibeli tentu saja ponsel pintar, dipilih oleh 83,6% responden, disusul oleh laptop dengan 25% responden.

Tak hanya itu, kedua jenis responden juga memberikan THR kepada keluarga (L: 56,2%; P: 60%), menabung (L: 46,2%; P: 50,1%), salam tempel lebaran (L: 40,6%; P: 46,4%), belanja keperluan lebaran (L: 30%; P: 30,5%). Mereka juga memakainya untuk membayar utang, beli tiket mudik, hingga belanja keperluan gawai bahkan kosmetik.

Namun, secara umum, mayoritas responden menggunakan THR untuk sedekah, diberikan kepada keluarga atau rekan terdekat, dan belanja untuk keperluan Idulfitri dan aksesorisnya.

Sementara, kalau ditinjau dari segi umur, bayar zakat menjadi prioritas responden berusia di atas 35 tahun. Untuk responden di rentang usia 20-25 tahun, sedekah ada di urutan keempat dalam penggunaan THR. Sebab, responden muda itu lebih memilih untuk memberikan uang THR kepada keluarga atau bahkan menabungnya.

Sekadar informasi, survei diikuti oleh 53,6% laki-laki dan 46,4% perempuan dengan status sosial menegah. Mayoritas dari responden berusia 20 hingga 35 tahun, dengan pekerjaan pegawai perusahaan swasta.

Responden berasal dari Jawa Barat (Jabar), DKI Jakarta, Jawa Timur (Jatim), Banten, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur. Tentunya, mayoritas berasal dari Jabar, DKI Jakarta, dan Jatim.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: