Gandeng Citi Indonesia dan AIG, PJI Ajarkan Siswa SMA Praktis Berwirausaha
Pelajar dari delapan SMA dan SMK di Jakarta bersaing menunjukkan keterampilan mengelola usaha mikro dalam kegiatan Regional Student Company Competition 2019 yang diselenggarakan oleh Prestasi Junior Indonesia bersama Citi Indonesia (Citibank) dan PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia) di Atrium Green Pramuka Square, Sabtu (13/7/2019).
Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner menyampaikan, “Dalam Student Company, para pelajar berkesempatan untuk mengalami secara langsung bagaimana mengoperasikan sebuah bisnis. Mereka tidak hanya menyusun strategi bisnis, tetapi juga dapat merasakan dan memahami secara langsung dinamika perusahaan dan berbagai risiko yang terjadi dari setiap keputusan bisnis."
Ia juga menjelaskan bahwa masing-masing individu juga memiliki kesempatan untuk mengoptimalkan potensi diri mereka dalam berwirausaha. Dengan demikian, para pelajar memiliki wawasan bisnis yang lebih komprehensif dan menjadi lebih siap untuk membuka bisnis baru di masa depan.
Baca Juga: Sekolah Miliarder Cetak Wirausaha Muda di Tanah Air
Global Entrepreneurship Index 2018 yang mengukur kualitas ekosistem kewirausahaan di seluruh negara di dunia mencatat minimnya keterampilan dan pengetahuan masyarakat Indonesia untuk memulai sebuah bisnis.
Hal ini tampak pada rendahnya indikator Start-up Skills yang memperoleh nilai 29% dan indikator Human Capital dengan nilai 16%. Indikasi ini semakin menegaskan komitmen Citibank dan AIG Indonesia untuk mendukung pengembangan potensi kewirausahaan generasi muda Indonesia.
“Generasi muda perlu diberikan wadah untuk mengasah minat berwirausaha, mengembangkan kreativitas yang dimiliki, sekaligus melatih kepekaan menangkap peluang. Melalui pembelajaran praktis, mereka dapat memahami tantangan serta risiko bisnis secara konkret," ungkap Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Elvera N. Makki.
Menurutnya, kondisi demikian akan memperkaya wawasan para pelajar dalam mengembangkan strategi bisnis sekaligus menstimulasi insting dalam berwirausaha.
"Ini merupakan wujud komitmen Citi Indonesia untuk memberikan kesempatan ekonomi yang lebih luas bagi generasi muda atau kami sebut youth economic opportunities serta mendukung pertumbuhan ekonomi, terutama yang diinisiasi oleh generasi muda," ungkapnya.
Baca Juga: Kemenkop-UKM Dukung Wirausaha Pemula Bentuk NES
Kegiatan ini merupakan bagian dari program edukasi Student Company (Perusahaan Siswa) yang digagas untuk mendorong kemampuan bisnis generasi muda. Para pelajar telah dibina untuk mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan (SC-Student Company) di sekolah selama enam hingga delapan bulan.
Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan. Para pengusaha muda ini juga mendapatkan pendampingan bisnis secara intensif dari mentor PJI dan profesional bisnis.
Dalam kompetisi kewirausahaan ini, para pelajar memaparkan pencapaian usaha serta memamerkan produk inovasi dari bisnis mikro yang dijalankan di sekolah. Kedelapan sekolah tersebut, antara lain SMAN 35 Jakarta, SMAN 81 Jakarta, SMKN 5 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 27 Jakarta, SMKN 38 Jakarta, SMKN 63 Jakarta, dan SMK Bina Informatika.
Baca Juga: Home Credit Indonesia Ajak Generasi Muda Jadi Wirausaha Cerdas Finansial
Kedelapan sekolah tersebut bersaing memperebutkan gelar ‘The Best Student Company in Jakarta’ dalam kompetisi ini. Dua sekolah terbaik akan mewakili DKI Jakarta untuk bersaing dengan sekolah-sekolah dari regional lainnya dalam kompetisi bisnis tingkat nasional, Indonesia Student Company Competition 2019, yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Agustus mendatang.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ning Rahayu
Editor: Clara Aprilia Sukandar