PT Bank DBS Indonesia meluncurkan fitur IDEAL RAPID (Real Time Application Programming Interface oleh DBS) yang mengintegrasikan pemprosesan secara real time pembayaran, piutang, dan pencarian informasi tentang alur kerja bisnis nasabah serta memfasilitasi transaksi bisnis di jaringan (ekosistem) mereka.
Pemenuhan transaksi real time tersebut tidak hanya meningkatkan efisiensi untuk klien dan penghematan biaya, tetapi juga memberikan pengalaman nasabah yang belum pernah terjadi sebelumnya.
IDEAL RAPID tersedia di enam pasar utama DBS di seluruh Asia, telah mendapatkan momentumnya sebagai solusi digital masa depan bagi nasabah Korporasi Bank DBS Indonesia.
Baca Juga: DBS Gelar SPARKS Musim Kedua
Dalam waktu kurang dari satu tahun sejak diluncurkan di Indonesia, lebih dari 15 pelanggan telah menggunakan solusi itu, mencakup berbagai industri: dari usaha rintisan (startup), e-commerce, teknologi finansial (fintech), asuransi, perusahaan pembiayaan (multifinance), kesehatan, manufaktur, dan lain-lain.
Dalam memberikan solusi kepada nasabah korporasi, DBS menerapkan metodologi 4D - discover (menemukan), define (merumuskan), develop (mengembangkan), deliver (menyediakan). DBS bersama-sama dengan nasabah menciptakan solusi, bukan memaksakan solusi ke dalam alur kerja nasabah.
Dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dan tujuan DBS menjadi bank digital pilihan Indonesia, Bank DBS Indonesia memulai kerja sama dengan Bukalapak di mana aktivitas utama dari solusi IDEAL RAPID tersebut adalah pembayaran DBS Real-Time Online (RTOL). Dengan ini, BL dapat memenuhi kebutuhan akses aktivitas transaksi 24/7 secara langsung.
Chief Financial Officer Bukalapak Natalia Firmansyah menyatakan bahwa di masa lalu perusahaan harus menyediakan sumber daya pada akhir pekan untuk menyiapkan dokumen pembayaran dan melaksanakan transaksi.
"Dengan solusi digital DBS RAPID RTOL, kami tidak perlu lagi melakukan hal tersebut karena semua dilakukan secara otomatis oleh sistem. Mitra penjual kami dapat mengajukan permohonan pembayaran kapan saja dengan menggunakan aplikasi Bukalapak mereka dan akan segera menerima dana tanpa hambatan," kata dia di Jakarta, belum lama ini.
Baca Juga: HR Director Bank DBS Masuk dalam Daftar 16 Pemimpin Wanita Berpengaruh
Bukalapak telah memulai perjalanan digital dengan DBS Indonesia yang telah mengubah cara pembayaran dilakukan kepada penjual, dari pembayaran intraday menjadi pembayaran online real-time 24 jam sehari, tujuh hari sepekan.
Head of Global Transaction Service Bank DBS Indonesia, Iwan Rusli, menyatakan permintaan industri perbankan sekarang didasarkan atas pengembangan dan penerapan tiga pilar digitalisasi, kecepatan, dan interkonektivitas. Bersama-sama, pilar-pilar itu menawarkan pengalaman digital efisien kepada nasabah yang tercermin dalam solusi IDEAL RAPID.
"Solusi inovatif tersebut memungkinkan nasabah korporasi mengembangkan bisnis mereka dan menggabungkan layanan perbankan ke dalam prasarana inti atau aplikasi mereka secara mulus dan real-time menggunakan application program interface (API). Itu kelebihan utama IDEAL RAPID untuk nasabah korporasi," kata dia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Yosi Winosa
Editor: Cahyo Prayogo
Tag Terkait: