Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

RKB BNI Fest, Cara BNI Kembangkan UMKM Binaan

RKB BNI Fest, Cara BNI Kembangkan UMKM Binaan Kredit Foto: BNI
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengadakan Rumah Kreatif BUMN (RKB) BNI Fest mulai dari tanggal 27-28 Juli 2019 di Halal Park dekat Pintu Sebelas, Area Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sebanyak 10 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan BNI menjajakan produk kuliner unggulan di Halal Park diantaranya yaitu Pempek Bulet yang menyajikan hidangan pempek berbentuk bulat, Pudingu yang menyajikan silky puding, Sosis Bakar Lulu yang menyajikan hidangan sosis, Soto Mie Bakso, Sicipi Food yang menyajikan hidangan kebab, Arafi Food yang menyajikan hidangan dimsum, Pentol Pedas SS, Ramen n Sushi Emperan, Sari Lemon Soogeh yang menyajikan minuman sari lemon, dan Jalanin Doeloe Kopi.

Baca Juga: Paruh Kedua 2019, BNI Bangun Modal Ventura dengan Dana Awal....

“Kami berharap hadirnya RKB BNI Fest dapat menjadi salah satu pilihan tempat rekreasi yang seru bersama keluarga dan juga teman untuk saling bertukar cerita di weekend ini. Selain aneka kuliner dari UMKM binaan BNI, kami juga menyediakan layanan perpanjang passport,” ungkap Corporate Secretary BNI Meiliana di Jakarta, Sabtu, (27/7/2019).

Salah satu UMKM mitra binaan BNI adalah Pipit Ayuningsih, seorang ibu rumah tangga yang mencoba berwirausaha dari nol hingga berkembang saat ini. Pipit awalnya menjual makanan ringan namun sesuai perkembangan zaman untuk kuliner fast food sepertinya lumayan digandrungi salah satunya Japanese Food dan mengambil menu ramen dan sushi emperan.

Menurutnya, RKB BNI ini sangat-sangat memfasilitasi UKM, apa yang dibutuhkan oleh UKM selalu terpenuhi, contohnya seperti belajar higienitas, belajar tentang kemasan yang baik, intinya saya bersyukur bisa menjadi anggota binaan RKB BNI Bekasi.

Dengan bergabung dalam RKB BNI, Pipit mengaku bisa mendapat relasi, banyak mendapatkan ilmu baru, sharing berbagai macam strategi dengan para pelaku UKM yang berpotensi pada pengembangan bisnisnya.

RKB BNI Fest ini juga menghadirkan perancang batik asal Pekalongan Aditya Yusma untuk menjadi pembicara pada Kelas Kreatif Membatik. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan pelestarian budaya asli Indonesia sekaligus industri kreatif. Pengunjung dapat mengikuti sharing session cara membuat batik pada kelas tersebut.

Mendukung konsep halal park yang cocok dikunjungi oleh siapapun, RKB BNI Fest juga mengajak Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham untuk menggelar perpanjangan passport yang bersinergi dengan Pos Indonesia untuk pengiriman passport ke masing-masing alamat pemilik.

Selain itu, RKB BNI Fest kali ini juga mengajak pengunjung Halal Park untuk melek layanan perbankan, salah satunya adalah dengan mewajibkan transaksi pada kesempatan ini menggunakan uang elektronik produk BNI, yaitu BNI TapCash. Langkah ini merupakan bagian dari kampanye gerakan non tunai yang digelorakan pemerintah.

"Transaksi TapCash di Halal Park ini akan menambah jumlah kartu yang beredar, jumlah transaksi, dan nilai transaksi yang menggunakan TapCash," kata Meiliana.

Per Juni 2019, volume transaksi Kartu BNI TapCash tumbuh 29,5%. Kenaikan volume transaksi tersebut ditopang oleh pertumbuhan sebesar 47% secara year on year (yoy). Jumlah transaksi melalui kartu BNI Tapcash sendiri telah mencapai 29 juta transaksi pada Semester I 2019.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: