Platform pembayaran, reward, dan layanan keuangan, OVO mengumumkan peluncuran SmartCube. Mesin penjual otomatis pintar yang inovatif ini adalah kanal digital baru yang sepenuhnya terintegrasi dengan API-API OVO Analytics dan ekosistem API OVO Payment, serta memanfaatkan analitik data canggih Kinetica untuk mendapatkan preferensi profil 360 derajat pelanggan yang interaktif.
Mesin penjual otomatis tersebut dirancang untuk mengevaluasi preferensi konsumen menggunakan analitik. Ia juga diperkaya dengan pengalaman terintegrasi seperti layar sentuh dan interaksi berbasis gesture, sampel-sampel Rp1, iklan video, dan kemampuan pembayaran tanpa uang tunai yang menciptakan kanal unik untuk mempromosikan dan mendistribusikan produk mitra, sambil menawarkan para pelanggan pengalaman berbelanja digital satu atap.
Campaign Solution yang dibangun oleh in-house perusahaan, berada di pusat OVO Digital Ecosystem, menghadirkan pemasaran berbasis data dengan menganalisis semua data pelanggan saat masuk. Hal ini guna membangun profil berdasarkan preferensi individu yang menginformasikan apa yang ditawarkan para mitra perusahaan.
Baca Juga: GoPay atau OVO yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia?
Campaign Solution berfungsi sebagai batch campaign atau secara real-time, memanfaatkan Kinetica untuk mengambil informasi dengan sangat cepat dan untuk mengiris-iris atribut pelanggan 360 derajat demi menghasilkan penawaran yang ditargetkan.
"SmartCube menawarkan kanal komunikasi digital baru dan beragam manfaat bagi pelanggan, pengiklan, dan mitra kami," kata Vira Shanty, Chief Data Officer, OVO.
Ia juga menegaskan bahwa kemampuan untuk memanfaatkan pendekatan data-first melalui teknologi Kinetica merupakan sesuatu yang mutakhir. "Kami bangga menjadi pelopor dalam menggunakan analisis data untuk membantu mempersonalisasikan produk, pemasaran, dan kampanye iklan guna organisasi kami dan Mitra Perusahaan kami," ungkap Vira.
Platform Kinetica Active Analytics menggabungkan data streaming dan historis dengan intelijen lokasi dan analitik yang didukung pembelajaran mesin. Campaign Solution real-time OVO terintegrasi dengan SmartCube OVO dan dibangun di atas platform GPU terakselerasi Kinetica.
Baca Juga: Diduga Monopoli Parkir, PPPI Minta KPPU Tegas dan Cegah Praktik Aplikasi OVO
Solusi ini memanfaatkan mesin Complex Event Processing (CEP), yang mensintesis data dari berbagai sumber sehingga bisnis dapat mengekstraksi pola memicu respons otomatis dan real-time. Dengan CEP, startup tersebut dapat merespons peluang pelanggan dalam konteks selalu hadir pada waktu yang tepat dengan pesan yang tepat.
“Kami bangga telah membangun CEP yang siap ke pelanggan bersama-sama dengan OVO hanya dalam waktu enam bulan dari awal pembuatan, dan menawarkan platform analitik komprehensif yang mendukung SmartCube dan Campaign Solution,” kata Paul Appleby, CEO, Kinetica.
Ia juga menjelaskan, teknologi ini menawarkan pengalaman belanja interaktif yang dirancang khusus dan unik yang melayani pelanggan saat ini sementara mereka mendorong masyarakat luas menuju masa depan digital bebas uang tunai.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ning Rahayu
Editor: Kumairoh
Tag Terkait: