Bertujuan mengangkat dan mengenalkan keanekaragaman kopi nusantara, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha kecil Menengah (LLP-KUKM) Kemenkop dan UKM kembali menyelenggarakan event promosi bertajuk 'SMESCO Rembug Kopi Nasional 2019-Coffee &Culture yang digelar di SME Tower SMESCO Indonesia, Jakarta Selatan mulai 20 September hingga 22 September 2019 mendatang.
Direktur Utama LLP-KUKM, Emilia Suhaimi mengatakan, tujuan diadakan event ini untuk mengangkat dan mengenalkan keanekaragamman kopi nusantara, sekaligus sebagai upaya untuk menyatukan potensi komoditas kopi Indonesia yang sudah terkenal ke mancanegara.
“Kami mengundang para pelaku UKM di bidang kopi untuk dapat bekumpul, berembug, dan saling bersinergi dalam rangka membranding kopi unggulan dari masing-masing daerah sehingga menjadi potensi dengan prospek yang cerah,” kata Emilia dalam pembukaan pada Jumat (20/9/2019).
Baca Juga: Genjot Pariwisata Agribisnis, Bisnis Kopi Makin Menjanjikan di Indonesia
Melalui kegiatan ini, ia berharap berbagai kalangan mulai masyarakat, pebisnis, asosiasi, eksportir dan juga pencita kopi akan lebih mengenal berbagai hal tentang kopi. Mulai dari proses penanaman, panen, dan pengolahan biji kopi serta ciri khas kopi lokal yang sangat beragam dari berbagai wilayah di Indonesia.
Sementara itu, pemrakarsa Rembug Kopi Nasional Lisa Ayodhia mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya mencari pemecahan masalah tantangan agribisnis komoditas kopi dari hulu ke hilir serta himbauan untuk bersatu memajukan perkopian Indonesia, peningkatan nilai tambah dan daya saing serta dalam rangka promosi dan pemasaran kopi Indonesia.
Baca Juga: Siap Rebut Pasar Kopi Nasional, PJB Kenalkan Kopi Lan-Baling
Selain itu, kata Lisa, pada acara ini akan ada berbagai agenda menarik yang akan digelar antara lain aneka lomba kopi, seperti lomba roasting kopi, coffee cupping competition, public cupping yang akan dinilai oleh certified Q-grader. Kemudian selain itu digelar brewing fun throwdown’’Ngulik Robusta Fine’’. Selain itu akan ada Pemilihan Duta Kopi 2019.
“Tahun ini telah terpilih 20 finalis dari berbagai wilayah di Indonesia yang siap bersaing memperlihatkan kecintaan dan pengetahuan mereka tentang kopi nusantara,” pungkas Lisa.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Clara Aprilia Sukandar