Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) ke-7 yang digelar tahun 2019 akan diselenggarakan lebih dari 300 e-commerce guna membantu perekonomian nasional dan menggerakkan bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) seluruh Indonesia.
Bertujuan mempromosikan produk lokal dan mendorong pelaku UMKM untuk lebih memanfaatkan perdagangan secara digital. Pesta ulang tahun e-commerce Indonesia yang diselenggarakan setiap 12 Desember ini mendapat dukungan dari Pemerintah. Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara mengatakan, Harbolnas dalam kurun waktu 2017-2018 menghasilkan 6,5 juta UMKM go digital.
Sebagai platform bisnis (B2B marketplace) next generation yang memiliki misi untuk memberikan kemudahan solusi bisnis bagi UMKM Indonesia. Ralali.com turut ambil peran memberikan akses ketersediaan produk yang dibutuhkan UMKM dan kemudahan bertransaksi. Dengan semangat yang diusung Harbolnas, Ralali.com menggelar Hari Belanja Item Grosir Nasional atau HarBIGNas yang khusus membidik pelaku UMKM.
Baca Juga: Ralali Hadirkan Konsep BIG Agent, Bagaimana Cara Kerjanya?
Pada HarBIGNas 2018 lalu, Ralali.com berhasil menembus 9x jumlah transaksi reguler dan 5x kenaikan jumlah pembeli. Dengan tema "BIM SALA BIG “Bisnis Itu Mudah, Usaha Langsung BIG”, HarBIGNas 2019 Ralali.com hadir memberikan beragam kejutan keuntungan untuk membuat bisnis UMKM makin besar dengan mudah. Pesta belanja online grosir khusus UMKM persembahan Ralali.com berlangsung mulai hari ini selama dua bulan ke depan, dengan tambahan keuntungan pada 10.10, 11.11 dan puncaknya pada 12.12 nanti.
Pelaku UMKM yang bertransaksi selama HarBIGNas berhak mengumpulkan Ralali Poin untuk kesempatan memenangkan hadiah utama senilai puluhan juta rupiah, yang akan berguna untuk memberikan potensi omset bisnis ratusan juta - diumumkan pada akhir periode 12.12.
“UMKM se-Indonesia punya kebutuhan belanja grosir kebutuhan usaha, itu sudah pasti dan berjalan rutin. Kami hadirkan HarBIGNas 2019 ini untuk memudahkan bisnis minimal 1 juta UMKM sampai akhir tahun, dalam bentuk pemenuhan kebutuhan usaha, akses pembiayaan, pendanaan dan solusi relevan lainnya melalui ekosistem digital Ralali.com. BIM SALA BIG ‘Bisnis Itu Mudah, Usaha Langsung BIG’ kami usung sebagai tema karena berbelanja kebutuhan usaha di Ralali.com itu super mudah, belinya grosir jadi harga pasti kompetitif. Dengan begitu akan memberikan banyak keuntungan yang bisa membuat bisnis berkembang dan BIM SA LA BIG! menjadi besar.” jelas Jessica Carla, VP of Marketing Ralali.com.
Baca Juga: Ralali Hubungkan Pekerja dengan Pemilik Bisnis Lewat Program Ini
Kata “BIG” sendiri selain menggambarkan usaha yang “besar”, merupakan akronim dari Business Innovation Group, fitur Ralali.com yang menyediakan solusi spesifik dalam pemenuhan kebutuhan usaha tersegmentasi, mencakup usaha kuliner dan jasa makanan (BIG Resto), usaha perkantoran (BIG Office), usaha otomotif (BIG Auto), usaha bahan bangunan (BIG Home), usaha kebutuhan FMCG (BIG Mart), usaha retail (BIG Market) dan usaha jasa on-demand berbasis pekerjaan (BIG Agent).
“Melalui HarBIGNas 2019 Ralali.com, UMKM Indonesia digerakkan secara aktif untuk belanja kebutuhan usaha secara digital, terutama mendorong UMKM yang masih melakukan bisnis secara tradisional. Ralali Poin merupakan bentuk loyalty program yang memberikan beragam keuntungan dari setiap transaksi di marketplace Ralali.com, khususnya selama HarBIGNas 2019 berlangsung. Ralali Poin yang diterima untuk setiap transaksi pada 10.10, 11.11 dan 12.12 akan berlipat ganda nilainya dan poin terkumpul menjadi ‘tiket’ untuk mengikuti program spesial penghujung 12.12.” ujar Carla.
Selain Ralali Poin berlipat ganda, cashback mulai dari 10% dan gratis ongkir hingga 10 kilo turut menyemarakkan HarBIGNas mulai dari 10.10. HarBIGNas 2019 Ralali.com dapat dinikmati dengan sangat mudah, belanja grosir atau kebutuhan usaha melalui www.ralali.com atau melalui aplikasi Ralali.com pada Play Store dan App Store.
Baca Juga: Bantu UMKM Go Online, Ralali.com Gerakkan Ratusan Ribu Agen
Selain melalui medium online, menyadari masih besarnya jumlah pelaku UMKM yang bertransaksi secara tradisional, Ralali.com menghelat beragam kegiatan offline untuk memberikan pengalaman langsung keuntungan platform Ralali.com kepada pelaku UMKM platform, yang tentunya diperkuat dengan 300.000 Sobat Agent. Jakarta, Cirebon, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Padang dan Pekanbaru adalah beberapa kota utama yang akan disasar selama HarBIGNas 2019.
Lebih dari itu, platform solusi bisnis Ralali.com tidak hanya memperhatikan kemudahan UMKM dalam memenuhi kebutuhan usahanya, namun juga kebutuhan bisnis sehari-hari seperti token pulsa, listrik, PDAM bahkan menyediakan akses pembiayaan, berbagai pilihan payment, produk investasi hingga asuransi (insuretech) bagi UMKM.
Sebagai pengembangan ekosistemnya, tepat hari ini Ralali.com telah 1 (satu) tahun menghadirkan platform BIG Agent yang berperan salah satunya membantu pelaku bisnis untuk mempromosikan, melakukan penjualan dan survei pasar secara tepat sasaran, bahkan ke segmen yang belum terjangkau sebelumnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait: