Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Dia Pentingnya Branding dan Marketing di Era Industri 4.0

Ini Dia Pentingnya Branding dan Marketing di Era Industri 4.0 Kredit Foto: Agus Aryanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Di era industri 4.0 persaingan usaha makin ketat karena ruang lingkup yang dihadapi tidak hanya nasional, tapi juga global. Karena itu, kekuatan branding menjadi salah satu pilar utama untuk memenangkan persaingan di era industri 4.0.

Demikian diungkapkan oleh Pemimpin Perusahaan BUMN Track, SH Sutarto, dalam BUMN Branding and Marketing Award 2019 yang digelar di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Penganugerahan tahun ke-7 yang mengambil tema "Beyond Innovation" dan didukung oleh Arrbey Consulting itu bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan berkinerja unggul dan berkompetensi di pasar global melalui inovasi di bidang branding dan marketing.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Personal Branding Itu Penting

Menurut Sutarto, antusiasme peserta meningkat yang terlihat dari bertambahnya jumlah peserta tahun ini sebanyak 92 perusahaan BUMN dan anak perusahaan BUMN. Sementara, peserta yang lolos tahap seleksi kedua berupa wawancara dan presentasi di hadapan dewan juri mengerucut menjadi 77 perusahaan. Peningkatan peserta yang cukup signifikan itu terjadi karena penambahan kategori berupa Kategori Indikator Global.

"Kami melihat kinerja branding dan marketing BUMN sudah jauh meningkat dan opersional pelayanan publiknya pun bersaing di tingkat Global. Karena itulah, kami merasa perlu untuk menyertakan aspek Indikator Global sebagai kategori yang dinilai pada tahun ini," ungkap SH Sutarto.

Adapun penerima penghargaan tersebut antara lain, untuk kategori The Best CMO, Devy Suradji yang menjabat sebagaiĀ  Direktur Marketing & Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) dinobatkan sebagai The Best CMO BUMN. The Best CMO Anak Perusahaan BUMN diraih oleh Romulo Hutapea sebagai Direktur Pemasaran PT Pertamina Patra Niaga. Peraih The Best CMO BUMN Tbk adalah Bambang Rianto Direktur Operasi II PT Waskita Karya (Persero), Tbk. Pemenang The Best CMO Anak Perusahaan BUMN diserahkan kepada Dilo Seno Widagdo sebagai Direktur Komersial PT Perusahaan Gas Negara, Tbk.

Dari penilaian korporasi, PT PLN (Persero) sebagai penyuplai kelistrikan nasionalĀ  yang mengutamakan creative competitive strategy yang andal dan aman dinobatkan sebagai The Best Marketing BUMN. Disusul PT Angkasa Pura I (Persero) yang mengelola 14 bandara di wilayah Indonesia Tengah dan Indonesia Timur meraih The Best Branding. Sementara, PT Industri Kereta Api (INKA) (Persero) meraih The Best Indikator Global atas keberhasilannya mengekspor gerbong kereta ke beberapa negara secara berkelanjutan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: