PT The Nielsen Company Indonesia (Nielsen Indonesia) merilis indeks kepercayaan konsumen Indonesia (IKK) kuartal III 2019 di Jakarta, Rabu (20/11/2019). Berdasarkan hasil survei, indeks kepercayaan konsumen turun tiga poin menjadi 123 terhadap kuartal II 2019 yang sebesar 126.
"Meski sedikit lebih rendah dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, IKK Indonesia pada kuartal III 2019 masih berada dalam tingkat stabil," kata Managing Director Nielsen Indonesia Agus Nurudin.
Agus menjelaskan, turunnya tingkat kepercayaan konsumen disebabkan penurunan pada tiga indikator. Pertama, persepsi mengenai prospek lapangan kerja. Komponen ini mengalami penurunan sangat tipis dari 70% pada kuartal II 2019 menjadi 69%.
Baca Juga: Marak Aduan Belanja Daring, Konsumen Hati-hati!
Kedua, kondisi keuangan pribadi. Komponen ini menurun dari 80% pada kuartal II 2019 menjadi 76%. Dan ketiga, optimisme mengenai keinginan atau niat untuk belanja. Komponen ini juga turun dari 61% pada kuartal II 2019 menjadi 57%.
Meski terjadi penurunan indeks, peringkat Indonesia masih berada di urutan 10 besar dunia. Indonesia menempati urutan empat setelah India, Filipina, dan Vietnam.
Survei IKK ini dilakukan pada September 2019 dan terhadap 32.000 koresponden di 64 negara di seluruh Asia Pasifik melalui internet.
Tingkat kepercayaan konsumen menunjukkan sikap optimistis apabila indeksnya berada di atas 100. Sedangkan jika berada di bawah 100, menandakan pesimistis.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: