Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perjuangan Dimulai! Indonesia Perjuangkan Kembali Jadi Anggota IMO di Sidang Majelis IMO ke-31

Perjuangan Dimulai! Indonesia Perjuangkan Kembali Jadi Anggota IMO di Sidang Majelis IMO ke-31 Kredit Foto: Dithubla
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sidang Majelis International Maritime Organization (IMO) atau Organisasi Maritim Internasional yang ke-31 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal IMO, Kitack Lim, di Markas Besar IMO London Inggris, Senin (25/11).

Hal tersebut juga menjadi tanda dimulainya perjuangan Indonesia untuk mendapatkan salah satu kursi dari 20 kursi yang tersedia guna menjadi anggota Dewan IMO Kategori C periode 2020-2021.

Baca Juga: Jalasveva Jayamahe: Konsep Besar IPC Membangun Era Baru Maritim Indonesia

"Hari ini sidang Majelis IMO ke-31 resmi dimulai dan Indonesia akan berjuang mendapatkan salah satu kursi dari 20 kursi yang tersedia untuk menjadi anggota Dewan IMO Kategori C periode 2020-2021 dengan saat ini sebanyak 25 negara anggota IMO  sudah tercatat sebagai kandidatnya," ujar Wakil Duta Besar Indonesia di London, Adam Mulawarman Tugio, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Dalam acara tersebut, Adam Mulawarman Tugio juga menjadi Ketua Delegasi Indonesia dan didampingi oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Sugihardjo.

Sebelumnya, Sidang Majelis ini diawali dengan pelaksanaan HoD+1 meeting yang dihadiri oleh para Ketua Delegasi dari semua negara anggota IMO. Pada pertemuan ini, para Ketua Delegasi memutuskan untuk mengadopsi agenda Sidang Majelis IMO ke-31 dan melakukan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Sidang Majelis IMO ke-31.

Adam mengungkapkan, atas usul dari United Kingdom, telah terpilih Nouma Tambo, High Commissioner of South Africa, sebagai Presiden dari Sidang Majelis IMO ke-31. Tambo terpilih dengan dukungan dari beberapa negara, antara lain Chili, Oman, Angola, Yunani, Thailand, Kenya, Nepal, dan Bahama.

Sementara, sebagai Wakil Presiden Sidang Majelis IMO ke-31, lanjut Adam, telah terpilih Miss Ana Park, Ambassador of Korea, dan Mr. Ivan Romero Ramirez, Ambassador of Honduras. Pada kesempatan tersebut, Indonesia menyampaikan dukungan dan ucapan selamat atas terpilihnya Presiden dan dua orang Wakil Presiden Sidang Majelis IMO-ke 31 tersebut.

"Kami yakin, dengan pengalamannya, kedua Wakil Presiden dapat bekerja sama dalam mendukung Presiden Assembly untuk menghasilkan pertemuan yang produktif,” ujar Sugihardjo pada Sidang HoD +1.

Selain itu, pada HoD+1 meeting ini juga dilakukan pemilihan Chairman untuk 2 (dua) Komite, yakni Komite 1 yang membahas Financial dan Legal, serta Komite 2 yang membahas tentang Technical, Safety, dan Environment. Azara Pemprey dari Ghana terpilih sebagai Chairman Komite 1, sedangkan Chairman Komite 2 yang terpilih adalah Hideaki Saito dari Jepang.

Setelah HoD +1 meeting, dilanjutkan sesi plenary. Dalam sesi itu para menteri perwakilan dari semua negara Anggota IMO menyampaikan general statements mereka yang berisikan pencapaian atau kontribusi tiap-tiap negara anggota selama dua tahun terakhir keanggotaan mereka di IMO.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: