Sanofi Prancis Akuisisi Synthorx Seharga US$2,5 Miliar, Tunai!
Perusahaan farmasi Prancis Sanofi telah menyetujui pembelian perusahaan bioteknologi Synthorx dalam kesepakatan tunai senilai US$2,5 miliar, Senin (09/12/2019). Akuisisi tersebut sebagai upaya mendorong penjualan obat kanker di bawah CEO baru.
Reuters melaporkan, Sanofi telah menawarkan untuk membeli semua saham biasa Synthorx seharga US$68 per saham dalam bentuk tunai atau 172 persen premium dari harga penutupan Synthorx, Jumat sebelumnya.
Baca Juga: Produksi Obat Kanker, Novartis Operasikan Pabrik Baru US$90 Juta
"Akuisisi ini sangat cocok dengan strategi kami membangun portofolio aset berkualitas tinggi dan memimpin dengan inovasi. Seperti yang akan Anda dengar di Hari Pasar Modal kami besok (Selasa)," kata CEO Sanofi yang baru, Paul Hudson, dalam sebuah pernyataan.
Akuisisi ini juga sejalan dengan tujuan Sanofi membangun waralaba onkologi dengan obat-obatan yang berpotensi mengubah praktik dan kombinasi baru.
Synthorx adalah perusahaan bioteknologi klinis yang fokus pada terapi untuk orang-orang dengan kanker dan gangguan kekebalan tubuh. Perusahaan yang berkantor pusat di California, AS ini membukukan kerugian bersih pada 2018 sebesar US$56,6 juta. Sanofi berharap dapat menyelesaikan akuisisi pada kuartal pertama 2020. Hingga pukul 09.46 GMT, saham Sanofi turun 0,7 persen di angka 82,94 euro.
Analis Liberum mencatat, harga akuisisi penuh pada premi 172 persen untuk harga penutupan Synthorx 6 Desember. Banyak yang harus dibayar untuk tahap awal pipeline (obat utama THOR-707 dalam uji coba fase 1).
Sanofi tengah menjalankan strategi yang luas di bawah kepemimpinan Hudson. Hudson mengambil alih peran CEO pada 1 September lalu. Pada 10 Desember, dia memberikan petunjuk tentang bisnis mana yang ingin dia fokuskan pada hari investor di Cambridge, Massachusetts. Hudson mengindikasikan bahwa perubahan signifikan sedang berlangsung.
"Saya akan membawa sense of urgency and prioritizing. Saya sudah mengatur irama. Kita bisa bergerak sedikit lebih cepat. Kita punya sumber daya yang tepat meski mungkin tidak selalu di tempat yang tepat," ujar Hudson, Oktober lalu.
Seorang sumber mengatakan kepada Reuters, Sanofi sedang mempertimbangkan usaha patungan atau penjualan langsung di antara sejumlah opsi untuk unit layanan kesehatan konsumennya.
Sebagai tanda awal strategi barunya, Sanofi setuju untuk menjual unit Seprafilm-nya kepada perusahaan pemasok medis, Baxter International, senilai US$350 juta, tunai.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Lili Lestari
Editor: Puri Mei Setyaningrum