Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menambah Luas Ruang Terbuka Hijau di Jakarta, Utan Kemayoran Resmi Dibuka

Menambah Luas Ruang Terbuka Hijau di Jakarta, Utan Kemayoran Resmi Dibuka Kredit Foto: Agus Aryanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah melalui proses revitalisasi yang dilakukan oleh Pusat Pengelolaan Kompleks Kemayoran (PPK Kemayoran) selama kurang lebih 5 bulan untuk tahap I, Utan Kemayoran resmi launching hari ini, Sabtu (21/12/2019).

Mengusung konsep “Three Wonderful Journeys”, yaitu forest trail, mangrove expedition, dan water playground, Utan Kemayoran menjadi sarana rekreasi, edukasi, dan konservasi. 

Hutan kota yang berlokasi di Jl.Benyamin Sueb, Kemayoran itu siap untuk dijadikan pusat aktivitas komunitas maupun masyarakat umum di ruang terbuka hijau. 

Baca Juga: Utan Kemayoran Tahap I Selesai, Siap Sejukkan Masyarakat Urban

PPK Kemayoran selaku pengelola kawasan Kemayoran menyadari kebutuhan ruang terbuka hijau bagi masyarakat perkotaan khususnya di pusat kota Jakarta sehingga memutuskan untuk merevitalisasi hutan kota seluas 22,3 ha di kawasan Kemayoran tersebut sebagai solusi tata hijau perkotaan.

Direktur Utama PPK Kemayoran, Medi Kristianto mengatakan, proses revitalisasi Utan Kemayoran meliputi perbaikan dan pembangunan fisik hutan, yaitu amphitheatre dan floating stage untuk kegiatan pentas seni atau aktivitas komunitas dan masyarakat, viewing tower untuk melihat area dalam hutan dari atas, jembatan gantung berbentuk lengkung berfungsi sebagai viewing deck yang melayang di atas air, serta penangkaran burung dan kupu-kupu. Fasilitas olahraga jogging track yang sudah ada di Utan Kemayoran pun semakin menambah kenyamanan masyarakat untuk berolahraga.

Pada acara launching ini sekaligus meresmikan logo dan nama Utan Kemayoran. Penggunaan kata “utan” diambil dari kamus istilah Betawi yang berarti hutan sesuai dengan lokasinya di Kemayoran yang dikenal lekat dengan budaya Betawi. Tidak hanya nama baru, Utan Kemayoran kini juga memiliki wajah baru berupa logo dengan konsep yang segar. 

Logo baru mengusung mood visual sebagai konservasi hijau yang menyiratkan beberapa aset terpenting dari Utan Kemayoran. Bentuk lingkaran merepresentasikan matahari, bentuk stilasi daun merepresentasikan hutan, sedangkan garis lengkung merepresentasikan sebuah danau yang jika digabungkan akan berbentuk seperti sebuah pohon.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Shelma Rachmahyanti

Bagikan Artikel: