Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Waspada! Harga Barang-Barang Akan Meningkat Mulai Maret

Waspada! Harga Barang-Barang Akan Meningkat Mulai Maret Kredit Foto: Antara/Jojon
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei terhadap konsumen yang dilakukan Bank Indonesia (BI) pada Desember 2019 mengungkapkan tekanan kenaikan harga diperkirakan mulai meningkat pada Maret mendatang. Hal ini terlihat dari indeks ekspetasi harga (IEH) tiga bulan mendatang yang naik dari 173 menjadi 174,6.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko mengungkapkan, perkiraan tekanan kenaikan harga disebabkan kekhawatiran rumah tangga akan adanya kenaikan beberapa tarif pada awal 2020.

"Antara lain tarif listrik, cukai rokok, tarif tol, dan asuransi kesehatan (BPJS). Secara regional kenaikan IEH terjadi di 10 kota dengan kenaikan tertinggi terjadi di kota Medan," kata Onny di Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Baca Juga: Iuran BPJS Naik, Ramai-ramai Peserta Turunkan Kasta

Baca Juga: Cetus Demokrat: Jika Tak Menghargai Indonesia, Investasi China Layak Ditinjau Ulang

Lebih lanjut dikatakan bahwa tekanan kenaikan harga diproyeksi akan berlanjut di Juni 2020 yang tercermin dari IEH yang meningkat dari 176 pada bulan sebelumnya menjadi 179,3.

"Masyarakat memperkirakan tekanan harga akan meningkat akibat distribusi barang yang diperkirakan belum normal sepenuhnya pasca-idulfitri," ucapnya.

"Secara regional meningkatkan tekanan kenaikan harga terjadi di 10 kota, dengan kenaikan tertinggi di Banjarmasin," pungkasnya.

Baca Juga: Asal Muasal Presidential Threshold 20 Persen Gegara Kemenangan SBY di Pilpres 2004, Ini Nih Biang Keroknya

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: