Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

TNI Patroli Malam di Lokasi Rawan Pembakaran Hutan di Riau

Warta Ekonomi -

WE ONLINE, Jakarta – Tentara Nasional Indonesia mengadakan patroli malam di wilayah rawan pembakaran hutan dan lahan guna mengatasi persoalan kabut asap yang menyelimuti Riau dan sekitarnya.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan kabut asap masih menyelimuti wilayah Riau. Hal itu akibat masih adanya titik api (hotspot) di berbagai wilayah Riau. Berdasarkan hasil pantauan satelit, jumlah hotspot di provinsi yang terletak di Pulau Sumatera itu malah meningkatnya.

Untuk mengatasi itu, Kepala BNPB Syamsul Maarif selaku Komandan Satuan Operasi (Dansatops) Pengendalian Api dan Asap memerintahkan operasi diintensifikan. “Patroli malam dilakukan TNI di lokasi-lokasi rawan kebakaran agar tidak dibakar lagi,” kata Sutopo.

Dia memaparkan sebanyak 2.856 personil anggota satuan tugas (satgas) darat dikerahkan untuk memadamkan titik api. Personel TNI dari unsur zeni tempur (zipur) dan artileri medan (armed) dipindahkan ke Dumai untuk memadamkan titik api baru.

“Dua titik api dan 20 titik asap berhasil dipadamkan. Manggala Agni berhasil memadamkan api di lahan seluas 30 hektare dan titik asap 25,5 ha di kebun kelapa sawit di Siak. Helicopter melakukan water bombing 284 kali. TMC menyemai awan dengan 5 ton dengan pesawat Hercules dan Cassa. Hujan turun di Rokan Hulu dan bagian selatan Riau.” 

Terkait dengan langkah penegakan hukum terhadap para pelaku pembakaran hutan dan lahan di Riau, Sutopo mengatakan polisi telah menetapkan 102 orang dan satu korporasi sebagai tersangka.

[email protected]

Foto: BNPB

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nurcholish MA Basyari
Editor: Nurcholish MA Basyari

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: