Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Operasional Bandara Dibuka, AP I Gandeng Swasta Siapkan Rapid Test Corner

Operasional Bandara Dibuka, AP I Gandeng Swasta Siapkan Rapid Test Corner Sebuah pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019). Bandara I Gusti Ngurah Rai kembali beroperasi setelah ditutup selama 24 jam saat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941. | Kredit Foto: Antara/Fikri Yusuf
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan fasilitas khusus untuk mendukung kelancaran perjalanan penumpang pesawat udara pada masa larangan mudik yang terbatas pada beberapa kriteria tertentu sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Adapun fasilitas khusus tersebut, yaitu konter check in khusus bagi calon penumpang yang akan berangkat pada masa larangan mudik ini, pemeriksaan suhu tubuh, dan pojok rapid test (rapid test corner) yang layanannya disediakan pihak swasta.

"Untuk mendukung kelancaran proses keberangkatan calon penumpang di bandara, Angkasa Pura I menyediakan jalur atau konter check in khusus di tiap bandara untuk memeriksa dokumen syarat perjalanan dan wawancara singkat terkait kepentingan keberangkatan calon penumpang," ujar Vice President Corporate Secretary Angkasa Pura I, Handy Heryudhitiawan, Senin (11/5/2020).

Baca Juga: 11 Penumpang Pesawat di Bandara Soetta Positif Corona

Secara tegas, Angkasa Pura I tidak menyiapkan layanan rapid test untuk para calon penumpang. Terkait dengan tarif atau biaya rapid test tersebut, pengaturannya dilakukan oleh pihak swasta atau klinik yang menyediakan layanan tersebut. Dengan rapid test corner ini, calon penumpang yang belum memiliki surat keterangan negatif Covid-19 dapat melakukan tes di bandara.

"Walaupun begitu, kami tetap mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan udara sesuai dengan kriteria yang sesuai dengan SE 4/2020 tersebut, untuk menyiapkan seluruh dokumen syarat keberangkatan sebelum tiba di bandara, termasuk surat keterangan negatif Covid-19, sehingga proses pemeriksaan di bandara berjalan lancar dan physical distancing diterapkan dengan baik di bandara," kata Handy.

Sebagai informasi, sejak dioperasikannya kembali seluruh moda transportasi dengan pembatasan kriteria penumpang pada Kamis (7/5/2020) lalu hingga Sabtu (9/5/2020), terdapat 3.036 trafik penumpang dan 633 trafik pesawat di seluruh bandara Angkasa Pura I. 

Sedangkan pada periode 1-9 Mei 2020, trafik penumpang di seluruh bandara Angkasa Pura I sebanyak 6.753 penumpang dan trafik pesawat sebesar 1.616 pergerakan pesawat. Pada periode ini, trafik penumpang tertinggi terjadi di Bandara Pattimura Ambon dengan 1.672 penumpang, diikuti Bandara SAMS Sepinggan dengan 1.210 penumpang, dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 1.059 penumpang.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: