Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Inilah Daftar Pemenang Indonesia Public Relation Award 2020

Inilah Daftar Pemenang Indonesia Public Relation Award 2020 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dunia informasi dan komunikasi terus berkembang pesat dalam beberapa waktu terakhir. Hanya berjarak kurang dari lima atau sepuluh tahun yang lalu, misalnya, masyarakat mungkin masih demikian asing dengan istilah buzzer dan influencer. Namun jangan tanyakan peran dan dampak yang bisa ditimbulkan dari dua hal tersebut dalam memengaruhi informasi di masyarakat saat ini. Atau juga keterlibatan platform media sosial secara tak terpisahkan dalam strategi komunikasi di sebuah perusahaan.

Gelombang disrupsi secara cepat dan senyap telah mengubah pola komunikasi yang sudah ada dan menciptakan standar barunya sendiri. Kondisi ini diperparah dengan terjadinya pandemi Covid-19 yang memaksa masyarakat secara tegas untuk back to the barrier dan saling menjaga jarak fisik antara satu dengan yang lain.

Baca Juga: Inilah Daftar Pemenang Indonesia Most Admired Company Award 2020

Relasi di masyarakat tidak lagi sama. Tak terkecuali yang juga terjadi dalam dunia usaha. Relasi yang harus dibangun sebuah perusahaan dengan masyarakat di sekitarnya juga sama sekali telah berubah. Interaksi secara online dan real time seketika menjadi tren yang mau tak mau harus diikuti. Interaksi fisik sebisa mungkin tak digunakan lagi. Kondisi pandemi pada akhirnya mendorong gelombang disrupsi untuk bergulung makin besar dan cepat. Sebuah tatanan baru terbentuk dan menjadi standar "new normal" yang berlaku di masyarakat kita hari ini.

Bagi sebuah perusahaan, peran sebagai ujung tombak dalam menghadapi kondisi baru yang sangat challenging dan dinamis tersebut ada pada seorang Public Relation. Dalam pendekatan konvensional bisa saja sebagian orang masih beranggapan bahwa don’t judge the book from the cover. Namun, realita hari ini mengajarkan bahwa sebuah citra bagi perusahaan tak ubahnya avatar yang sangat menentukan dalam berbagai aspek.

Seorang konsultan keuangan sekaligus motivator berdarah Amerika-Kanada, Brian Tracy, membahasakan peran komunikasi dalam titik tersebut tak ubahnya seperti sebuah ilmu mengendarai sepeda atau menulis. Seolah sepele dengan cakupan ilmu yang lebih terkesan teknis, tetapi dapat mengubah kualitas dari seluruh bagian hidup kita.

Seorang CEO boleh saja bertindak sebagai nahkoda yang menentukan ke arah mana kapal akan berjalan. Namun, seorang Public Relation-lah yang bertugas mencari cara bagaimana memecah gelombang di depan agar tidak menghantam dan lalu mengandaskan kapal sehingga perjalanan dapat terus dilanjutkan. Seorang Public Relation bertanggung jawab penuh dalam hal strategi komunikasi dan informasi agar bahtera perusahaan tetap utuh saat mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Berbekal pemikiran di atas, Indonesia Public Relation Award (IPRA) 2020 bermaksud memberikan apresiasi setingg-tingginya terhadap peran dan fungsi Public Relation dalam menopang sebuah perusahaan untuk mewujudkan kinerja yang maksimal. Melalui IPRA 2020, Warta Ekonomi ingin mengapresiasi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang terbukti telah mampu menjalankan peran Public Relation yang baik dengan mampu menciptakan pemberitaan yang positif dan citra yang baik di tengah-tengah masyarakat.

Penghargaan ini akan didasarkan pada proses riset yang mendalam lewat beberapa metode. Salah satu adalah media content analysis untuk dapat melihat lebih jauh isi dari sebuah teks dan berbagai pemberitaan terkait perusahaan yang bersangkutan.

"Proses analisis dari media monitoring juga bertujuan untuk memahami struktur makna dari sebuah teks berita yang kemudian dapat memperlihatkan sentimen positif, sentimen negatif, maupun netral. Makin banyak sentimen positif yang muncul dari pemberitaan menunjukkan kinerja Public Relation yang baik sehingga mampu menghasil output berupa citra perusahaan yang baik di masyarakat," ujar Chief Executive Officer sekaligus Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi Group, Muhamad Ihsan.

Proses media monitoring nantinya dilakukan dengan memantau pemberitaan secara online dalam enam bulan terakhir terkait perusahaan-perusahaan dari berbagai industri, di antaranya agribisnis, asuransi jiwa, asuransi umum, consumer goods, ritel, energi, farmasi, properti & konstruksi, minyak dan gas, pembiayaan, perbankan, pertambangan, telekomunikasi, agritech dan information technology. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada foundation.

Puncaknya, bersamaan dengan penganugerahan penghargaan kepada para pemenang, Warta Ekonomi Group juga mengundang dua tokoh besar di bidang komunikasi, yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Bapak Johnny G Plate, dan Ketua Persatuan Humas (Perhumas), Bapak Agung Laksamana, yang akan hadir sebagai Keynote Speaker terkait peran dan tantangan industri komunikasi di era disruptif dan pandemi Covid-19 ini.

"Terakhir, Warta Ekonomi mengucapkan selamat kepada para pemenang penghargaan IPRA 2020. Semoga upaya kami ini dapat makin menyemangati dunia usaha nasional untuk selalu dan senantiasa menjaga kualitas peran kehumasannya dan bahkan makin meningkatkannya di masa-masa mendatang," tegas Ihsan.

Berikut daftar pemenang Indonesia Public Relation Award 2020.

No Company Name Category Title
1 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Banking Popular Banking Company for Publication Avtivity Strategy
2 PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Banking Popular Banking Company for Event Activity Strategy
3 PT Bank DKI Banking Popular Banking Company for News Activity Strategy
4 PT Bank Nationalnobu Tbk Banking Popular Banking Company for Community Involvement Activity Strategy
5 PT Bank CIMB Niaga Tbk Banking Popular Banking Company for Inform Activity Strategy
6 PT BPD Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) Banking Popular Banking Company for Lobbying & Negotiation Activity Strategy
7 BPR Serang Banking Popular Banking Company for Covid-19 Handling Social Responsibility Activity Stategy
8 PT Asuransi Jiwa Sequis Life Indonesia Life Insurance Popular Life Insurance Company for Publication Activity Strategy
9 PT BNI Life Insurance Life Insurance Popular Life Insurance Company for Event Activity Strategy
10 PT Asuransi Alianz Life Indonesia Life Insurance Popular Life Insurance Company for News Activity Strategy
11 PT Prudential Life Assurance Life Insurance Popular Life Insurance Company for Community Involvement Activity Strategy
12 PT Bhinneka Life Indonesia Life Insurance Popular Life Insurance Company for Inform Activity Strategy
13 PT Asuransi Cigna Life Insurance Popular Life Insurance Company for Lobbying & Negotiation Activity Strategy
14 PT FWD Life Indonesia Life Insurance Popular Life insurance Company for Covid-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy
15 PT Asuransi Sinar Mas General Insurance Popular General Insurance Company for Publication Activity Strategy
16 PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) General Insurance Popular Genelar Insurance Company for Event Activity Strategy
17 PT Asuransi Astra General Insurance Popular General Insurance Company for News Activity Strategy
18 PT Asuransi Wahana Tata General Insurance Popular General Insurance Company for Community Involvement Activity Strategy
19 PT Chubb General Insurance Indonesia General Insurance Popular General Insurance Company for Infrom Activity Strategy
20 PT Asuransi Adira Dinamika Tbk General Insurance Popular General Insurance Company for Lobbying & Negotiation Activity Strategy
21 PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Financial Service Popular Financial Service Company for Publication Activity Strategy
22 PT Adira Dinamika Multi Finance Multi Finance Popular Multi Finance Company for Event Activity Strategy
23 PT Bussan Auto Finance Multi Finance Popular Multi Finance Company for Inform Activity Strategy
24 PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Telecommunication Popular Telecommunication Company for Publication Activity Strategy
25 PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) Telecommunication Popular Telecommunication Company for Event Activity Strategy
26 PT Telekomunikasi Selular Telecommunication Popular Telecommunication Company for Involvement Activity Strategy
27 PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) Telecommunication Popular Telecommunication Company for Inform Activity Strategy
28 Telkomtelstra Telecommunication Popular Telecommunication Company for Lobbying & Negotiation Activity Strategy
29 PT Hutchison 3 Indonesia Telecommunication Popular Telecommunication Company for Covid-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy
30 PT Adhi Commuter Properti Property & Construction Popular Property & Construction Company for Publication Activity Strategy
31 PT PP (Persero) Property & Construction Popular Property & Construction Company for Event Activity Strategy
32 PT Summarecon Agung Tbk Property & Construction Popular Property & Construction Company for News Activity Strategy
33 PT Ciputra Development Property & Construction Popular Property & Construction Company for Inform Activity Strategy
34 PT Sinar Mas Land Property & Construction Popular Property & Construction Company for Collaboration Activity Strategy
35 PT Modernland Realty Tbk Property & Construction Popular Property & Construction Company for Covid-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy
36 PT Meccaya Pharmaceutical Pharmacy Popular Pharmacy Company for Publication Activity Strategy
37 PT Kimia Farma Tbk Pharmacy Popular Pharmacy Company for Community Involvement Activity Strategy
38 PT Kalbe farma Tbk Pharmacy Popular Pharmacy Company for Inform Activity Strategy
39 PT Phapros Tbk Pharmacy Popular Pharmacy Company for Lobbying & Negotiation Activity Strategy
40 PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Pharmacy Popular Pharmacy Company for Covid-19 Handling Social Responsibilty Activity Strategy
41 Djarum Foundation Foundation Popular Foundation for Publication Activity Strategy
42 Aksi Cepat Tanggal (ACT) Foundation Popular Foundation for Event Activity Strategy
43 DBS Foundation Foundation Popular Foundation for News Activity Strategy
44 Bakrie Center Foundation Foundation Popular Foundation for Community Involvement Activity Strategy
45 Tanoto Foundation Foundation Popular Foundation for Inform Activity Strategy
46 Putera Sampoerna Foundation Foundation Popular Foundation for Lobbying & Negotiation Activity Strategy
47 Tahir Foundation Foundation Popular Foundation for Handling Social Responsibility Activity Strategy
48 PT Aneka Tambang Tbk Mining Popular Mining Company for Publication Activity Strategy
49 PT Bukit Asam Tbk Mining Popular Mining Company for News Activity Strategy
50 PT Kaltim Prima Coal Mining Popular Mining Company for Inform Activity Strategy
51 PT Adaro Energy Tbk Mining Popular Mining Company for Covid-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy
52 PT Indonesia Power Energy Popular Energy Company for Publication Activity Strategy
53 PT Perusahaan Gas Negara Energy Popular Energy Company for Covid-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy
54 PT Medco Energi Internasional Tbk Energy Popular Energy Company for News Activity Strategy
55 PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Energy Popular Energy Company for Inform Activity Strategy
56 PT Energi Mega Persada Tbk Oil and Gas Popular Oil & Gas Company for Publication Acitivity Strategy
57 PT Pertamina (Persero) Tbk Oil and Gas Popular Oil & Gas Company for Inform Acitivity Strategy
58 PT Total Oil Indonesia Oil and Gas Popular Oil & Gas Company for Community Involvement Acitivity Strategy
59 PT Pertamina EP Oil and Gas Popular Oil & Gas Company for Covid-19 Handling Social Responsibility Acitivity Strategy
60 PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Consumer Goods Popular Consumer Goods Company for Publication Activity Strategy
61 PT Procter & Gamble Home Products Indonesia (P&G Indonesia) Consumer Goods Popular Consumer Goods Company for Event Activity Strategy
62 PT Gudang Garam Tbk Consumer Goods Popular Consumer Goods Company for Inform Activity Strategy
63 Danone Indonesia Consumer Goods Popular Consumer Goods Company for Lobbying & Negotiation Activity Strategy
64 PT Unilever Indonesia Tbk Consumer Goods Popular Consumer Goods Company for Covid-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy
65 PT Triputra Agro Persada Agribusiness Popular Agribusiness Company for Publication Activity Strategy
66 PT Sinar Mas Agro Resources and Technology (SMART) Tbk Agribusiness Popular Agribusiness Company for News Activity Strategy
67 PT Astra Agro Lestari Tbk Agribusiness Popular Agribusiness Company for Inform Activity Strategy
68 Wilmar Indonesia Agribusiness Popular Agribusiness Company for Covid-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy
69 PT Electronic City Indonesia Tbk Retail Popular Retail Company for Publication Activity Strategy
70 PT Ace Hardware Indonesia Tbk Retail Popular Retail Company for News Activity Strategy
71 PT Duta Intiguna Yasa (MR DIY) Retail Popular Retail Company for Inform Activity Strategy
72 PT 3M Indonesia Retail Popular Retail Company for Lobbying & Negotiation Activity Strategy
73 PT Tani Hub Agribusiness Technology Popular Agritech Company for Publication Activity Strategy
74 PT Anabatic Technologies Tbk Information Technology Popular Information Technology Company for Publication Activity Strategy
75 PT Astra Graphia Tbk Information Technology Popular Information Technology Company for Inform Activity Strategy
76 PT Astra International Tbk Automotive Popular Company Group for Automotive Business Activity Strategy
77 PT Riau Andalan Pulp and Paper Basic Industry & Chemicals Popular Basic Industry & Chemicals Company for Public Relation Activity Strategy
78 Perum BULOG Logistic Popular Food Logistics Company for Publication Activity Strategy

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: