- Home
- /
- EkBis
- /
- Transportasi
Polemik Antrean Penumpang di Soetta Di-Bully Netizen, AP II Keluarkan Pembelaan Ini
BUMN pengelolaan bandara PT Angkasa Pura II (Persero) bersama stakeholder di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menetapkan kebijakan baru bagi calon penumpang saat memproses keberangkatan rute domestik di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Perseroan memastikan, kebijakan baru sudah diterapkan mulai hari ini, Jumat (15/5/2020), di Terminal 2 dan Terminal 3.
Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, kebijakan baru itu adalah (selain penataan kembali sistem antrean penumpang) pembatasan frekuensi penerbangan dan dipastikan jumlah penumpang di setiap penerbangan hanya 50% dari kapasitas kursi pesawat.
Baca Juga: Bandara Soetta Sesak Penumpang, AP II Di-Bully Netizen Habis-habisan!
"Kami telah melakukan evaluasi dan kemudian mengimplementasikan kebijakan baru. Pada pagi hari ini, 15 Mei 2020, proses keberangkatan penumpang di rute domestik berjalan lancar di Soekarno-Hatta, baik itu di Terminal 2 dan 3," ujar Awaluddin.
Dia menuturkan, stakeholder di Soeatta juga menyepakati pembatasan frekuensi penerbangan, dengan hanya 5–7 penerbangan per jam di Terminal 2 agar tidak menumpuk di jam-jam tertentu.
Adapun di tengah pandemi ini penerbangan di Bandara Soetta setiap harinya ada sekitar 200 penerbangan.
Selain itu, stakeholder telah menyetujui bahwa maskapai hanya akan mengangkut penumpang tidak lebih dari 50% dari total kapasitas kursi pesawat pada setiap penerbangan. Hal ini juga sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Rosmayanti