Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Terapkan The New Normal, Pelindo III Terapkan Seluruh Layanan Pengguna Jasa Berbasis Online

Terapkan The New Normal, Pelindo III Terapkan Seluruh Layanan Pengguna Jasa Berbasis Online Kredit Foto: Pelindo III
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III akan menerapkan skema kerja New Normal (Normal Baru) setelah hari raya Idulfitri sesuai dengan surat edaran Menteri BUMN Nomor 336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.

Mengacu pada surat edaran tersebut, karyawan di Pelindo III akan kembali bekerja penuh setelah Idulfitri, keputusan ini diambil sebagai langkah penyesuaian diri dengan ekosistem bisnis logistik dan kemaritiman.

Baca Juga: Covid-19 Menyerang, Arus Peti Kemas Pelindo III Tak Naik Signifikan

Untuk itu, Pelindo III mempersiapkan skema antisipasi skenario the new normal mulai dari penerapan protokol kesehatan, penerapan WFH, hingga penerapan layanan digital untuk kegiatan operasionalnya. Selama pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PSBB, pelayanan jasa kepelabuhanan tidak pernah berhenti dan tetap beroperasi penuh dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Khusus pelayanan kapal internasional, sebelum sandar, diperiksa oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Kapal hanya diizinkan untuk bersandar apabila sudah dinyatakan bersih dan dapat melakukan kegiatan bongkar muat barang maupun penumpang.

Di Pelindo III, sistem pelayanan kepelabuhanan telah berbasis internet, Port Operation Command Center atau (POCC). Layanan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dalam kegiatan kepelabuhan dengan mengatur seluruh aktivitas kepelabuhanan baik bongkar muat maupun jadwal sandar kapal di pelabuhan.

Selama ini Pelindo III telah menerapkan pelayanan dan operasional berbasis digital melalui berbagai sistem dan aplikasi, di antaranya, single portal Integrated Billing System (IBS) yang memiliki layanan e-regristration, e-booking, e-tracking, e-payment, e-invoice, e-billing, dan e-care.

Selain itu, ada juga meeting tambatan online yang memudahkan perusahaan pelayaran dan agen kapal rapat dari kantornya masing-masing dan juga melalui aplikasi tambatan buatan Pelindo 3, "magic berthing" di mana pelayaran bisa koordinasi untuk merencanakan tambatan dan berkomunikasi langsung dengan petugas tambatan pelindo III dan Otoritas Pelabuhan untuk penetapan tambatan.

Terbaru, saat ini sedang dilakukan uji coba Epilot di pelabuhan Tanjung Perak. Uji coba itu diharapkan sukses sehingga nantinya kapal dapat masuk ke pelabuhan dengan bantuan sistem digital.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, menjelaskan bahwa semua layanan tersebut merupakan sebuah web portal elektronik yang didesain khusus bagi para pelanggan dan dapat diakses secara daring dengan aman serta mudah untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan Pelindo III dalam bertransaksi.

"Para pengguna jasa dapat menggunakan layanan daring dari Pelindo 3 sehingga tidak perlu datang ke terminal/pelabuhan untuk mendapatkan layanan jasa kepelabuhanan dari Pelindo III," jelas Doso Agung.

Namun, lanjutnya, jika ada tamu atau pengguna jasa harus datang ke Kantor/Terminal/Pelabuhan karena keperluan yang mendesak, diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang ketat seperti pengecekan suhu badan kepada semua orang, penggunaan masker, hand sanitizer, serta pengaturan physical distancing.

"Setelah Idulfitri nanti, kami akan menjalankan skenario new normal agar kegiatan logistik lebih bergairah dan pulih sehingga diharapkan dapat menggerakkan ekonomi nasional dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: