PLN Siapkan Aplikasi Selesaikan Semua Kebutuhan-Keluhan dalam Satu Genggaman
PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN saat ini tengah menyiapkan aplikasi New PLN Mobile, pengembangan dari aplikasi lama dengan banyak fitur baru yang akan memudahkan pelanggan listrik mengelola kebutuhannya.
Hari ini (24/6/2020) aplikasi tersebut diuji coba secara internal oleh seluruh pegawai PLN untuk mendapatkan masukan dan usulan sehingga nantinya ketika dirilis dapat menjawab apa yang selama ini menjadi tuntutan pelanggan.
"Pelanggan hari ini adalah pelanggan yang berbeda dengan lima atau sepuluh tahun lalu. Yang tidak mau berubah dan tidak mau mendengar, akan ditinggalkan pelanggan. Dan bisnisnya tidak akan tumbuh. Lewat PLN Mobile ini, kami ingin memberikan pengalaman baru ke pelanggan tentang kemudahan mendapatkan layanan listrik, menyampaikan keluhan, termasuk membayar tagihan bulanan," kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini.
Baca Juga: PLN Operasikan Lagi Pembangkit Tenaga Mikro Hidro di Lombok
Ia menambahkan, New PLN Mobile ini nantinya lebih inovatif dari sisi tampilan dan kemudahan penggunaan. Pembelian token listrik, pasang sambungan baru, tambah daya atau membayar tagihan, tidak perlu ke mana-mana lagi. Cukup dari aplikasi ini.
"Bahkan di aplikasi yang kami perbarui ini, notifikasi bila ada pemutusan jaringan listrik karena pemeliharaan, pelanggan bisa mengetahui terlebih dahulu. Itu di-customized hanya pada pelanggan yang terdampak. Kami menggunakan teknologi geospatial, sehingga posisi setiap pelanggan dapat diketahui, dan informasi apa yang paling mereka butuhkan dapat dikelola secara akurat," tambah Zulkifli.
Dari aplikasi yang sama, pengaduan gangguan juga cukup dilaporkan menggunakan aplikasi. Bila ada petugas PLN yang akan melayani, posisinya sudah sampai di mana, berapa lama lagi akan tiba, semua dapat dilacak dari aplikasi ini.
"Kami melakukan terobosan ini, supaya pelanggan dan masyarakat pengguna listrik memiliki pengalaman yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Pelanggan adalah raja yang harus dilayani sebaik-baiknya. Tanpa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, bisnis PLN tidak akan berkembang," papar Zulkifli.
Ke depan, tambah Zulkifli, fitur-fitur baru akan terus dikembangkan seiring dengan layanan yang bisa disediakan oleh PLN lebih banyak. Misalnya, sambungan internet atau stasiun pengisian mobil listrik. Juga tidak menutup kemungkinan layanan lainnya demi memberikan kepuasan kepada pelanggan.
"Singkatnya, ini adalah aplikasi yang menyelesaikan semua kebutuhan dalam satu genggaman," pungkas Zulkifli.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Rosmayanti