Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Prabowo: Virus Bisa Jadi Senjata Perang Hancurkan Negara

Prabowo: Virus Bisa Jadi Senjata Perang Hancurkan Negara Kredit Foto: Antara/Irfan Maulana
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengingatkan tentang bahaya virus bagi peradaban dunia. Menurutnya, ancaman bangsa ke depan bukan hanya perang dengan senjata terbarukan, tapi bisa juga datang dari virus yang disebar ke seluruh negeri di dunia.

Menurutnya, pandemi Covid-19 menjadi penanda bahwa Indonesia harus siap menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), khususnya di bidang kedokteran dan farmasi.

"Perang yang akan datang bisa saja menggunakan senjata-senjata baru yang tidak pernah dibayangkan manusia. Virus bisa sengaja diciptakan untuk menghancurkan negara, merusak pangan, bahkan melumpuhkan tentara sebelum peluru meletus," katanya.

Baca Juga: Alamak! Polsek Ciracas Diserang, Menhan Prabowo Cuma Bilang...

Hal ini sejalan dengan program yang dicanangkan Presiden Jokowi bahwa Indonesia maju perlu mencetak sumber daya manusia yang andal dan menguasai Iptek.

"Tidak mungkin pembangunan suatu bangsa dilaksanakan tanpa penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, ilmu pengetahuan adalah kunci dari kesejahteraan manusia. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi kuncinya adalah sumber daya manusia," katanya. 

Sebelumnya, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono mengatakan pandemi saat ini merupakan ujian bagi ketahanan nirmiliter sebuah negara, terutama di sektor kesehatan dan pangan.

Menurutnya, pandemi Covid19 yang tengah dihadapi sekarang menyadarkan semua bahwa isu di bidang pertahanan itu tak hanya masalah alutsista, tetapi ketahanan militer, seperti kesehatan dan pangan adalah hal yang strategis.

Baca Juga: Isu Wajib Militer, Nadiem Tak Pernah Diajak Bicara Prabowo: Kaget

Baca Juga: Bank Jateng Perluas Layanan Perbankan Hingga Ke Universitas Indonesia

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: