Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Amien Rais antara Berkah dan Malapetaka bagi PAN

Amien Rais antara Berkah dan Malapetaka bagi PAN Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Eksekutif Indobarometer, Muhammad Qodari menilai sosok Amien Rais merupakan aset sekaligus beban bagi Partai Amanat Nasional (PAN). Apalagi jika mantan Ketua MPR itu serius untuk membentuk partai baru.

"Dia aset bagi PAN di awal pendirian dengan modal sosial dan nama besar Amien Rais. Tetapi, sesungguhnya Pak Amien Rais juga menjadi beban karena sebenarnya popularitas Pak Amien Rais itu terbatas," ujar Qodari kepada Republika, Selasa (1/9/2020).

Beban bagi PAN, karena Amien kerap berseberangan dengan pengurus partai, khususnya dengan Zulkifli Hasan yang saat ini memimpin periode 2020-2025. Pernyataan Amien terkadang menjadi penghalang PAN untuk bergabung dengan pemerintahan.

Baca Juga: Timbang-menimbang Untung-Rugi Perceraian Amien Rais & PAN

Baca Juga: Anies Baswedan Gagal dan Kehabisan Akal

"Buktinya pertama PAN pada pemilu 99, pemilu pertama yang diikuti oleh semua partai politik, perolehan suaranya hanya sekitar 7 persen, dan terus menurun di pemilu berikutnya," ujar Qodari.

Jika Amien dan loyalisnya serius mendirikan partai baru, hal ini dinilainya menjadi blessing in disguise atau hikmah dari perpecahan. Karena PAN tak lagi memiliki penghalang untuk menentukan kebijakan partai.

Partai baru juga dinilainya sebagai ajang pembuktian bagi Amien. Eksperimen politik dilihatnya tengah dilakukan oleh mantan Ketua MPR itu, yang tengah memantau bagaimana popularitasnya di masyarakat saat ini.

"Itu merupakan blessing in disguise bagi Pak Amien Rais sendiri, partai ini merupakan pembuktian sebetulnya popularitas dia atau (ada) variabel lain yang membesarkan PAN selama ini," ujar Qodari.

Baca Juga: Proyek Sodetan Ciliwung Era Heru Budi Berbuntut Panjang: Setelah Fitnah Jokowi yang Buat Mangkrak, Buzzer Anies Sebut SBY yang Inisiasi

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Republika.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua