Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Akuisisi Ritel Olahraga Raksasa Asia Tenggara, Gulf Marketing Group Agresif Kejar Ekspansi Global

Akuisisi Ritel Olahraga Raksasa Asia Tenggara, Gulf Marketing Group Agresif Kejar Ekspansi Global Kredit Foto: Gulf Marketing Group (GMG)
Warta Ekonomi, Jakarta -

Gulf Marketing Group (GMG), distributor Nike terbesar di dunia, mengakuisisi Royal Sporting House (RSH), yang merupakan salah satu ritel multi-brand olahraga terbesar di Asia Tenggara. Ini memantapkan langkah operasi bisnis perusahaan induk asal Timur Tengah itu di pasar ritel olahraga. 

Saat ini GMG Sport menjadi perusahaan ritel terbesar di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA). Toko ritel kenamaan itu memiliki lebih dari 300 toko di 18 kota dari enam negara dunia, selama empat dekade ke belakang.

Baca Juga: Startup Logistik Waresix Akuisisi Trukita

Selain memasarkan brand lokal asal Uni Emirat Arab (UEA) Sun and Sand Sports, GMG Sports juga menjadi distributor untuk merk global. Nama seperti Nike, Columbia, Timberland, Vans dan sejumlah merk lain cukup dekat dengan ritel ini.

Akuisisi RSH memperkuat posisi GMG Sports di kawasan GCC, sekaligus menandai langkah perusahaan dalam memasuki pasar terbesar di Asia Tenggara --termasuk Indonesia, Malaysia, dan Singapura-- serta Hong Kong dan Mesir. Mulai saat ini, korporasi akan mengoperasikan lebih dari 550 toko ritel olahraga di 57 kota yang berada di 12 negara.

Aset yang harus dikelola mencakup lebih dari 1,9 juta kaki persegi ruang ritel fisik, 10 gudang, dan pekerja yang mencapai hampir 8.000 orang. Semakin luas kehadirannya, GMG Sports kini berpotensi menjangkau lebih dari 700 juta konsumen di seluruh dunia.

Mohammad A. Baker, Deputy Chairman and CEO GMG, mengatakan langkah akuisisi jadi tonggak penting, sehingga bisa menjangkau ratusan juta calon konsumen baru.

“Akuisisi ini merupakan tonggak penting dalam perkembangan portofolio GMG yang beragam. Saat ini, semakin banyak orang di seluruh dunia yang menjalankan gaya hidup aktif dan sehat. Integrasi dari operasional bisnis RSH ke dalam jaringan toko GMG semakin memperkuat posisi kami menjadi ritel olahraga yang terdepan di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, dengan potensi menjangkau ratusan juta calon konsumen baru di kawasan Asia Tenggara, Hong Kong, dan Mesir. Ekspansi ini merupakan langkah strategis untuk membawa bisnis dan visi kami mendunia," katanya.

“Terlepas dari berbagai rintangan yang tengah dihadapi industri ritel di seluruh dunia, kekuatan dan ketahanan strategi bisnis GMG memungkinkan kami untuk mengatasi berbagai tantangan yang ada dan menggandakan rencana ekspansi kami. Pada intinya, kami adalah bisnis yang tengah berkembang dengan ambisi global jangka panjang,” tambah Baker.

Selain divisi olahraga, GMG juga memiliki pertumbuhan di sektor bisnis lainnya, termasuk perawatan kesehatan, makanan, pendidikan, real estat, dan logistik. Di seluruh grup induk, GMG telah berhasil meningkatkan jenama lokal seperti apotek Supercare, merek makanan Farm Fresh, dan penyedia logistik Trilogi.

GMG juga telah memperkenalkan lebih dari 90 merek internasional ke Timur Tengah hingga saat ini.

“Kami selalu melihat ke arah mana pasar dan konsumen bergerak. Kami sangat bersemangat untuk membawa visi dan keahlian kami ke wilayah baru, serta menciptakan skala ekonomi yang diikuti dengan memberikan nilai tambahan kepada para pelanggan,” tutup Baker.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan