Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Insentif?

Apa Itu Insentif? Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Insentif adalah kompensasi khusus yang diberikan perusahaan atau seseorang kepada karyawan di luar gaji pokok. Pemberian ini tidak termasuk dalam gaji pokok yang memang telah menjadi hak yang harus didapatkan oleh para pekerja dengan bertujuan agar karyawan bisa lebih semangat dalam bekerja.

Prinsip pemberian insentif ini berhubungan dengan kinerja karyawan yang melampaui standar yang telah ditetapkan perusahaan. Atas kerja keras dan prestasi kerja tersebut, maka karyawan akan mendapatkan penghargaan berupa insentif ini.

Baca Juga: Apa Itu Inkaso Masuk?

Insentif paling banyak dipelajari di bidang ekonomi personalia di mana praktik manajemen sumber daya manusia berfokus pada bagaimana perusahaan mengelola insentif karyawan seperti gaji dan masalah karier, kompensasi dan evaluasi kinerja.

Perusahaan harus merancang rencana kompensasi untuk mendorong pekerja agar beroperasi dalam kepentingan terbaik perusahaan dan mengeluarkan tingkat output tertentu yang memaksimalkan keuntungan perusahaan.

Insentif tak hanya menguntungkan bagi karyawan, tetapi juga bagi perusahaan. Pasalnya, perusahaan akan merasakan hal-hal berikut ini:

  • Menjaga loyalitas para pekerja berkualitas
  • Mempertahankan dan meningkatkan moral kerja para pekerja
  • Meningkatkan produktivitas perusahaan

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan