Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Startup: IDCloudHost, Platform yang Terima Modal Rp72 M dari Eks Bos Bukalapak

Kisah Startup: IDCloudHost, Platform yang Terima Modal Rp72 M dari Eks Bos Bukalapak Kredit Foto: IDCloudHost
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah berbisnis dengan modal bootstrap sejak 2015, startup IDCloudHost kini mengantongi permodalan baru dari Init6; perusahaan investasi mantan Bos Bukalapak, Achmad Zaky.

Investasi bernilai sekitar 5 juta dolar AS (Rp72,2 miliar) itu akan perusahaan gunakan untuk memperluas jangkauan bisnis ke Asia, khususnya Asia Tenggara.

"Kami akan terus fokus memperkuat teknologi dan sumber daya manusia (SDM) guna mendukung rencana dan strategi bisnis yang telah kami tetapkan," ujar CEO IDCloudHost, Alfian Pamungkas, Selasa (23/3/2021) dalam jumpa pers virtual.

Baca Juga: Yuan Digital Punya Fitur Transaksi Anonim, dengan Syarat ....

Baca Juga: Poco X3 Pro: Spesifikasi, Harga, dan Ketersediaan

Saat ini, IDCloudHost telah memiliki 100 ribu pelanggan di Indonesia dan sejumlah negara di Asia. Kliennya terdiri dari korporasi, UMKM, startup, hingga pengembang individu di Indonesia dan Asia. 10% di antaranya merupakan pelanggan internasional.

CMO IDCloudHost, Muhammad Mufid Luthfi menambahkan, "Dalam 2 tahun ke depan, kami menargetkan jumlah pelanggan lebih dari 1 juta."

Startup penyedia layanan komputasi awan itu sebenarnya sudah memiliki pusat data (data center) di Indonesia (6 di Jakarta), Singapura, Hong Kong, Jepang, bahkan Inggris.

Cara IDCloudHost Bersaing dengan Kompetitor

Para pemain raksasa telah menggeluti pasar komputasi awan, seperti Amazon, Google, dan Alibaba. Untuk itu, IDCloudHost sedikit membedakan segmentasi pelanggan dengan membidik small-medium enterprise (SME) seperti UMKM dan startup.

Karena itu, pemasangan dan penggunaan solusi komputasi awan IDCloudHost lebih sederhana daripada produk-produk kompleks milik raksasa teknologi besar seperti Amazon, Google, dan Alibaba yang membidik pasar large enterprise.

Guna memastikan keamanan solusi, IDCloudHost kini tengah berupaya memperoleh sertifikat ISO 27001. "Sehingga kemudahan (solusi) tak mengabaikan fitur keamanan dari cloud itu sendiri," ujar CTO IDCloudHost, Faisal Reza.

Baca Juga: Loyalis Ganjar: Kalau Diminta, Nanti Akan Saya Bantu Anies Baswedan Sosialisasikan Capaiannya di DKI

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Advertisement

Bagikan Artikel: