Sering kali masalah utama yang dialami mayoritas UMKM adalah kurangnya pemahaman mengenai branding.
Kebanyakan dari pelaku bisnis UMKM masih menilai jika hanya dengan memiliki logo dan label, berarti mereka sduah memiliki brand. Namun, rasanya usaha mereka seperti jalan di tempat. Lalu, apakah yang salah?
Branding adalah cara membuat persepsi positif tentang produk, perusahaan, maupun layanan yang diberikan oleh perusahaan kita. Atau, bagaimana konsumen membedakan bisnis kita dengan para pesaing.
Branding yang efektif dan tepat dapat mempengaruhi pengembangan bisnis, menaikkan nilai jual produk, serta mampu menarik "perhatian" calon konsumemen baru.
Membuat branding bisnis yang kuat bukan hanya perkara logo atau label saja. Inti pada branding adalah identias atau wajah yang ingin ditunjukkan brand Anda kepada masyarakat luas. Secara simpelnya, ada 4 hal yang harus kita persiapkan.
1. Produk
Langkah pertama yang harus kita lakukan Adalah membantun sebuah pondasi bisnis dengan produk yang bekualitas. Selain itu, Anda juga bisa menciptakan produk-produk unik, yang tentunya tak dimiliki oleh pesaing Anda.
Hal ini dapat dilakukan jika kita terus melakukan riset pasar. Produk apakah yang sedang trend atau yang tengah digandrungi oleh konsumen.
Untuk produk-produk unik ini Anda bisa memulai dengan membuat packaging custom. Anda bisa mengkreasikan sendiri packaging sesuai kebutuhan.
Jangan lupa untuk menambahkan logo atau label yang menjadi tanda bagi konsuken untuk mengenali brand kita. Packaging yang unik dan bagus tentu akan meningkatkan "value" brand kita dibanding pesain.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait: