Dampak pandemi terhadap perekonomian yang menerpa UMKM menjadi perhatian Pemkot Ternate. Untuk itu, Pemkot Ternate menggandeng Bhinneka.Com meluncurkan Marketplace atau lokapasar “MILIK TERNATE”, sebagai solusi pengembangan usaha dan fasilitas pemasaran produk lokal terbaik UMKM Kota Ternate.
Di sisi lain, keberadaan lokapasar ini bertujuan untuk mendorong terjadinya transformasi digital, sekaligus memfasilitasi para pelaku UMKM dalam memaksimalkan benefit ekonomi formal.
Beberapa di antaranya seperti status legal yang memudahkan akses modal, integrasi data, dan peluang lebih besar untuk pemasaran lebih luas ke perusahaan besar maupun pemerintahan yang membutuhkan volume tinggi.
Menurut data Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Ternate, terdapat sekitar 13.000 pelaku UMKM yang bergerak di sektor perikanan, dengan produk jadi berupa makanan dan minuman kemasan dan kerajinan tangan.
Sehingga untuk memperluas potensi pasar bagi UMKM Kota Ternate kepada masyarakat lokal maupun di seluruh Indonesia yang ingin berbelanja, nantinya bisa langsung melakukan transaksi melalui lokapasar "milikternate".
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat