Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bocor! Biden Mencoba-coba Tekan Ashraf Ghani untuk Bangun Persepsi Bahwa Taliban Tidak Menang

Bocor! Biden Mencoba-coba Tekan Ashraf Ghani untuk Bangun Persepsi Bahwa Taliban Tidak Menang Kredit Foto: Getty Image/AFP
Warta Ekonomi, Washington -

Presiden Joe Biden menekan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani untuk menciptakan "persepsi" bahwa Taliban tidak menang, "apakah itu benar atau tidak." Itu terjadi dalam panggilan telepon hanya tiga minggu sebelum pemberontak menguasai negara itu, sebuah transkrip yang bocor menunjukkan.

Biden dan Ghani berbicara selama kira-kira 14 menit pada 23 Juli dalam apa yang akan menjadi panggilan terakhir mereka sebelum Taliban menyerbu pemerintah. Alhasil, Afghanistan turun ke dalam kekacauan berdarah di tengah penarikan AS yang gagal, menurut transkrip dan audio yang diperoleh Reuters.

Baca Juga: Perkara di Afghanistan Beres, Biden: Untuk ISIS, Kami Belum Selesai Denganmu

Sebagian besar panggilan itu difokuskan pada apa yang disebut Biden sebagai masalah “persepsi” pemerintah Afghanistan.

“Saya tidak perlu memberi tahu Anda persepsi di seluruh dunia dan di beberapa bagian Afghanistan, saya percaya, adalah bahwa segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik dalam hal perang melawan Taliban,” kata Biden.

“Dan ada kebutuhan, apakah itu benar atau tidak, ada kebutuhan untuk memproyeksikan gambaran yang berbeda,” sambungnya.

Pada saat itu, Taliban telah merebut sekitar setengah dari pusat distrik negara itu dan hanya beberapa minggu lagi akan merebut Kabul pada 15 Agustus.

Biden mengatakan kepada Ghani bahwa tokoh politik terkemuka Afghanistan -termasuk mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai- harus memberikan konferensi pers bersama yang mendukung strategi militer baru tentang cara mengalahkan Taliban, dengan mengatakan: “Itu akan mengubah persepsi, dan itu akan mengubah banyak hal. Menurut saya," dilansir New York Post.

“Saya bukan orang militer, jadi saya tidak memberi tahu Anda seperti apa sebenarnya rencana itu, Anda tidak hanya akan mendapatkan lebih banyak bantuan, tetapi Anda akan mendapatkan persepsi yang akan berubah di masa depan. dalam hal bagaimana , um ... sekutu dan orang-orang kami di sini di Amerika Serikat dan tempat-tempat lain berpikir Anda lakukan,” kata Biden.

Biden juga memuji pasukan keamanan Afghanistan –yang dilatih dan didanai oleh AS sebelum dibubarkan dalam hitungan minggu di tengah penarikan AS– dan menawarkan bantuan jika Ghani dapat secara terbuka mengeluarkan rencana yang menunjukkan bahwa dia dapat mengendalikan situasi yang meningkat.

“Anda jelas memiliki militer terbaik,” kata Biden. “Anda memiliki 300.000 pasukan bersenjata lengkap versus 70, 80.000 dan mereka jelas mampu bertarung dengan baik.

“Kami akan terus memberikan dukungan udara jarak dekat, jika kami tahu apa rencananya … Dan sepanjang akhir Agustus, dan siapa yang tahu apa setelah itu.

“Selain itu, kami akan terus berjuang keras, secara diplomatis, politik, ekonomi, untuk memastikan pemerintah Anda tidak hanya bertahan, tetapi juga berkelanjutan dan tumbuh karena jelas demi kepentingan rakyat Afghanistan Anda berhasil. dan Anda memimpin.”

Baca Juga: Tekan Stunting, Heru Budi Gandeng Semua Pengurus RT dan RW

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: