Asyik! Dengan Moxa Segala Kebutuhan Finansial Kini Ada dalam Satu Genggaman

Asyik! Dengan Moxa Segala Kebutuhan Finansial Kini Ada dalam Satu Genggaman Kredit Foto: Astra Financial

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari setahun tak hanya berdampak pada kesehatan dan perekonomian. Lebih dari itu, wabah ini juga telah mengubah kebiasaan dan gaya hidup masyarakat. Pasalnya, pembatasan mobilitas demi menekan laju penularan Covid-19 membuat masyarakat kini semakin akrab dengan teknologi digital dan informasi.

Merespon hal ini, sejumlah perusahaan termasuk industri keuangan pun turut beradaptasi dengan menerapkan digitalisasi agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pembatasan aktivitas.

Director in Charge Astra Financial Suparno Djasmin menuturkan, pandemi mengajarkan kita untuk beradaptasi terhadap perubahan dan tetap produktif yang dapat dilihat dari pelaksanaan meeting secara online, pembelajaran jarak jauh secara online. "Selain itu, pandemi juga mendorong masyarakat untuk melakukan transaksi secara non tunai," kata Suparno Djasmin. Baca Juga: Asyik Nih! Buka Tabungan PermataBank Kini Bisa di Aplikasi Moxa

Data Bank Indonesia (BI) pada Juli 2021 menyebutkan, nilai transaksi Uang Elektronik (UE) meningkat 57,71% (yoy) mencapai Rp25,4 triliun. Nilai transaksi digital banking juga tumbuh 53,08% (yoy) menjadi Rp3.410,7 triliun. Volume transaksi digital banking juga meningkat sebesar 56,07% (yoy) mencapai 649,8 juta transaksi.

Atas dasar tersebut, Astra Financial menghadirkan super app, Moxa untuk memenuhi segala kebutuhan finansial dalam satu genggaman dengan mudah, aman dan nyaman, pada Maret 2021 lalu.

Tak tanggung-tanggung, sedikitnya terdapat tujuh brand perusahaan afiliasi Astra Financial yang tergabung di dalam Moxa antara lain, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Finance (TAF), FIFGROUP, Astra Life, Asuransi Astra, Surya Artha Nusantara Finance (SANF), dan MauCash.

Terkini, Astra Financial baru saja menggandeng PermataBank meluncurkan Tabungan Permata moxaKu dimana pengguna dapat membuka tabungan langsung melalui aplikasi Moxa tanpa perlu berkunjung ke kantor bank.

Dengan demikian, melalui aplikasi ini, masyarakat bisa mendapatkan layanan finansial yang sangat lengkap mulai dari membuka tabungan, pinjaman tunai, pembiayaan haji dan umroh, pembiayaan kendaraan bemotor, pembiayaan multiguna, asuransi jiwa, asuransi umum, dan sebagainya. Baca Juga: Penjualan Mobil Astra Melesat di Semester Pertama Capai 209 Ribu Unit

"Ini adalah platform yang sebenarnya untuk menggatter customer yang ingin mncari produk-produk keuangan lainnya di dalam Astra Financial. Dengan kita siapkan platform yang kita sebut financial wealth hub bagi customer kita, maka kita berharap dapat menggatter kebutuhan-kebutuan customer kita baik itu pembiayaan, insurance, wealth management, banking services, maupun produk dan services lainnya di dalam Astra Financial," tutur Abong, sapaan akrab Suparno Djasmin saat pertemuan pimpinan media massa secara virtual di Jakarta, belum lama ini.

Bak gayung bersambut, hadirnya layanan finansial nan lengkap ini membuat nasabah dan masyarakat begitu antusias dengan platform besutan Astra Financial. Abong bilang, sejak soft lauching Agustus tahun lalu dan grand lauching-nya di tahun ini, yang mengunduh Moxa sudah lebih dari 2 juta.

"So far animonya sangat baik dan kita coba terus lakukan improvment supaya memberikan customer journey yang menyenangkan dan memudahkan pelanggan kita, sehingga bisa melayani semua kebutuhan produk dan services kami melalui platform ini," jelas Abong.

Genjot Literasi Keuangan

Abong menjelaskan, inovasi yang dilakukan Astra Financial tak hanya ingin memenuhi kebutuhan masyarakat dan menjaga kinerja bisnis perusahaan. Menurutnya, Moxa adalah salah bentuk inovasi perseroan untuk menjangkau masyarakat lebih luas lagi dengan memanfaatkan teknologi digital. Dengan demikian, Moxa dapat membantu pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam meningkatkan literasi keuangan Indonesia yang masih rendah.

Survei OJK pada tahun 2019 menyebutkan, indeks literasi keuangan Indonesia hanya sebesar 38,03% dan indeks inklusi keuangan 76,19%. Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menargetkan tingkat inklusi keuangan dapat mencapai 90 persen pada 2024. Target tersebut dipatok untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui akses ke fasilitas keuangan. 

"Bersama PermataBank, Moxa bertujuan mendorong inklusi keuangan di Indonesia dengan menyediakan akses layanan perbankan digital yang aman bagi masyarakat. Kerja sama ini sejalan dengan visi Astra Financial untuk menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia,” sebut Abong saat peluncuran Permata moxaKu. Baca Juga: Astra Serahkan Bantuan Oksigen untuk Indonesia

Senada, Direktur Astra Financial Handoko Liem menegaskan, tidak ada target terkait seberapa besar dana yang ingin dicapai perseroan, tapi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengelola keuangan jauh lebih berarti.

“Kami harap dapat tumbuh, ini bukan hanya tentang jumlah tapi bagaimana aplikasi MOXA dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan literasi keuangan dan menjadikan
MOXA sahabat yang membantu meraih kemakmuran dalam hidup," tutur Handoko Liem.

Asal tahu saja, MOXA yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store ini memiliki sejumlah fitur unggulan seperti conversational chat yang membantu pengguna memilih
produk sampai melakukan transaksi dengan bantuan asisten, wishlist, share (social engagement), kalkulator simulasi (pengajuan kredit) guna memudahkan dalam penghitungan estimasi cicilan, hingga pengecekan status pengajuan produk pinjaman multiguna.

Dengan mengusung tagline “Your Life’s Financial Companion”, MOXA berperan sebagai Astra Financial Wealth Hub seluruh layanan/produk yang dimiliki Astra Financial. Pelanggan kini tidak perlu repot berpindah aplikasi karena layanan satu pintu sudah disediakan MOXA.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini