Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Gelar Pelatihan untuk Guru Ekonomi di Yogyakarta

Warta Ekonomi -

WE Online, Yogyakarta - Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S Setiono mengatakan pemahaman terhadap OJK dan industri jasa keuangan (IJK) penting dilakukan kepada para guru dan bukan hanya kepada murid kelas X SMA I. Pasalnya, guru merupakan agen yang akan memberikan pelajaran OJK dan IJK kepada murid-muridnya.

Oleh sebab itu, dalam rangkaian kegiatan edukasi keuangan di Yogyakarta, OJK bersama-sama dengan industri sektor keuangan akan melakukan training of trainers (ToT), khususnya kepada guru mata pelajaran ekonomi kelas X se-Provinsi DIY dan sekitarnya. ToT ini akan digelar selama dua hari pada Selasa-Rabu (14-15 Oktober) di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta.

"Pelatihan dilakukan untuk memberi bekal pengetahuan dalam penyampaian materi edukasi keuangan mengenai pengenalan OJK dan industri jasa keuangan kepada para siswa kelas X," jelas Kusumaningtuti dalam rilis resminya, Senin (13/10/2014).

Dia mengatakan bahwa melalui pelaksanaan fungsi OJK di bidang edukasi dan perlindungan konsumen yang terarah dan terukur ke depannya diharapkan dapat menumbuhkembangkan rasa percaya diri masyarakat untuk menggunakan produk dan layanan keuangan serta menciptakan pasar yang wajar dan teratur.

"Penggunaan produk-produk keuangan secara wajar dan teratur akan mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," papar Kusumaningtuti.

Sekadar informasi, beberapa waktu yang lalu OJK juga telah melakukan ToT di Jakarta. Pada ToT yang pertama tersebut, OJK mengundang perwakilan guru ekonomi se-Indonesia.

OJK juga telah menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 25 Oktober 2013 yang ditindaklanjuti dengan penerbitan buku Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan sebagai buku mata pelajaran ekonomi SMA Kelas X kurikulum 2013.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program edukasi dan literasi keuangan kepada masyarakat dan tugas OJK sesuai dengan amanat Pasal 28 UU OJK. Adapun amanat UU OJK itu adalah memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat atas karakteristik sektor jasa keuangan, layanan, dan produknya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: