Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Raih Pendanaan Seri B, Artotel Group Siap Perluas Jaringan Hotel di Seluruh Indonesia

Raih Pendanaan Seri B, Artotel Group Siap Perluas Jaringan Hotel di Seluruh Indonesia Kredit Foto: Artotel Group
Warta Ekonomi, Jakarta -

ARTOTEL Group, Manajemen Operator Hotel yang menawarkan hotel-hotel butik dengan konsep gaya hidup, mengumumkan keberhasilannya meraih pendanaan Seri B dengan nilai investasi yang dirahasiakan. Pendanaan Seri B ini diperoleh dari Indies Capital Partners, Perusahaan Alternative Asset Manager terkemuka di Asia Tenggara, dan juga dari Benson Capital, investor yang fokus pada industri kreatif.

ARTOTEL Group akan memanfaatkan hasil pendanaan ini untuk mendorong perluasan jaringan hotelnya di seluruh Indonesia melalui strategi Merger dan Akuisisi serta berinvestasi dalam memperkuat infrastruktur utama yang berbasis teknologi guna mendukung kinerja perusahaan.

Baca Juga: Diresmikan Jokowi, Hotel Milik Indonesia Ferry Property Lakukan Rebranding

Dengan pendanaan ini, ARTOTEL Group memiliki target perluasan properti baru di kota-kota utama dan tingkat dua Indonesia, serta daerah tujuan wisata baru yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia. Saat ini, ARTOTEL Group sedang mempersiapkan 29 properti di seluruh Indonesia dengan target menjadi lebih dari 50 properti pada tahun 2023. ARTOTEL Group juga akan berinvestasi secara besar-besaran di dunia digital melalui pendekatan operasional hotel berbasis teknologi.

Terkait dengan strategi kemitraan, ARTOTEL Group telah berhasil meng-akuisisi waralaba utama Brand Hotel Kyriad di Indonesia. Kyriad adalah salah satu brand hotel dari Louvre Hotel Group yang berasal dari Perancis. Kesepakatan akuisisi ini mencakup pengelolaan 11 properti yang berada di seluruh Indonesia sehingga memberikan 1.300 kamar tambahan ke dalam portfolio ARTOTEL Group. Selanjutnya, ARTOTEL Group akan meneruskan pengelolaan properti-properti tersebut dengan menggunakan brand Kyriad, serta mengembangkan brand Kyriad sebagai brand hotel bintang dua dan tiga yang akan hadir di kota-kota tingkat dua di Indonesia. Dengan mengakuisisi waralaba brand Kyriad, ARTOTEL Group kini memiliki total jumlah kamar sebanyak 3.000 kamar.

ARTOTEL Group juga melakukan strategi pengembangan bisnisnya secara digital untuk mengantisipasi perkembangan teknologi di masa depan. Perusahaan akan memperkuat infrastruktur operasional hotelnya berbasis teknologi untuk pemesanan kamar, pelayanan, dan hubungan tamu yang lebih baik, sistem penyelenggaraan event dan pemesanan F&B secara online. Selain itu, ARTOTEL Group juga melakukan konsolidasi organisasi dengan membuat perencanaan bisnis yang lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan margin bisnis dan kepuasan pelanggan yang lebih besar.

"Dengan meningkatkan diversifikasi bisnis, digitalisasi operasional, pelatihan karyawan, serta perluasan properti kami, ARTOTEL Group siap menjadi Perusahaan Perhotelan terkemuka di Indonesia," kata Erastus Radjimin, Founder & CEO ARTOTEL Group, dikutip dari keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (18/10).

Sebagai perusahaan perhotelan yang mengusung konsep gaya hidup, ARTOTEL Group menawarkan empat pilar bisnis yang terpadu: Perhotelan (Stay), Makanan & Minuman (Dine), Branding, Konten Kreatif & Manajemen Acara (Play), dan Artsy Merchandising (Shop). Sejak diluncurkan properti pertama pada tahun 2013, ARTOTEL Group kini berkembang menjadi salah satu operator hotel butik terkemuka di Indonesia, menawarkan pengalaman perhotelan yang unik untuk tamu bisnis dan liburan.

"ARTOTEL Group telah menunjukkan kemampuannya bertahan selama pandemi ini melalui langkah pengelolaan dan perampingan bisnisnya yang efektif. Selanjutnya, kami sangat mendukung ambisi jangka panjang ARTOTEL Group untuk memperkuat infrastruktur perusahaan berbasis teknologi dan menerapkan strategi bisnis perusahaan yang mengacu pada prinsip pembangunan berkelanjutan," kata Pandu Sjahrir, Managing Partner Indies Capital Partners.

Sementara itu, Ben Soebiakto, Co-founder Benson Capital, mengatakan bahwa melalui perpaduan antara hospitality, kreativitas, relaksasi, dan gaya hidup, ARTOTEL Group telah menciptakan sebuah brand yang dinamis dengan menciptakan pengalaman menginap berkualitas tinggi untuk tamu Internasional dan domestik.

"Dengan keahlian kami di industri kreatif, kami akan bekerja sama dengan ARTOTEL Group untuk berkolaborasi melalui media dan berbagai platform gaya hidup dari perusahaan kami untuk memberikan dukungan yang kuat terhadap penawaran unik dari ARTOTEL Group yang terinspirasi oleh seni," pungkas Ben Soebiakto.

Sebelum meraih pendanaan Seri B, ARTOTEL Group telah mendapatkan dana investasi seri A dari Intudo Ventures.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: