Waketum Dekopin Ingatkan Pentingnya Koperasi di Tengah Peran Oligarki yang Kebablasan

Waketum Dekopin Ingatkan Pentingnya Koperasi di Tengah Peran Oligarki yang Kebablasan Kredit Foto:

Wakil Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Ferry Juliantono menyebut bahwa peran negara dalam pembangunan Indonesia khususnya pemberdayaan ekonomi masyarakat saat ini terbilang kecil.

Sebaliknya, ia melihat munculnya oligarki di Tanah Air lantaran peran swasta yang makin besar. Untuk itu, Ia berharap agar koperasi tetap hadir sebagai lembaga yang mampu menopang perekonomian di Indonesia, khususnya di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

"Gerakan Koperasi harus kembali menjadi kekuatan ekonomi rakyat dan wajib mendapat dukungan politik dari semua pihak," ujar Ferry Juliantono saat memberikan kuliah umum di Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar, Sabtu (30/10/2021).

Baca Juga: Renungan Sumpah Pemuda, Kesakralannya Jangan Dirusak oleh Para Oligarkh

Ia juga mgatakan, dirinya tidak ingin perubahan seperti reformasi hanya sebatas perubahan politik, apalagi hanya dinikmati segelintir kelompok. "Tetapi perubahan yang akan terjadi harus sampai pada perubahan ekonomi yang dibutuhkan rakyat," tandasnya.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini juga berharap, Koperasi tetap menjadi instrumen utama dalam ekonomi Pancasila.

"Ekonomi yang mengedepankan kebersamaan dan loyalitas bersama sebagaimana cita-cita Bapak Koperasi Indonesia, Moh Hatta. Koperasi harus mewujudkan ekonomi Pancasila yang menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tegasnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini