Soroti Jumlah Kunjungan Wisman, BPS: Trennya Masih Landai Sepanjang 2021

Soroti Jumlah Kunjungan Wisman, BPS: Trennya Masih Landai Sepanjang 2021 Kredit Foto: Antara/Fikri Yusuf

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono melaporkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) masih belum menunjukkan perkembangan yang signifikan pada September 2021.

Berdasarkan catatan BPS, jumlah kunjungan wisman di bulan tersebut sebesar 126,5 ribu kunjungan.

Baca Juga: Mobilitas Wisatawan Asing Akan Diawasi Daerah Penyelenggara Wisata

"Ini mengalami peningkatan 1,41% kalau dibandingkan Agustus 2021. Kalau dibandingkan September 2020, terjadi penurunan 15,08%," ujar Margo dalam konferensi pers virtual, Senin (1/11/2021).

Margo memaparkan perkembangan jumlah kunjungan wisman yang stagnan ini tak terlepas dari kebijakan pembatas mobilitas manusia. Kebijakan ini juga membatasi kunjungan ke suatu negara tertentu, termasuk ke Indonesia.

"Ini membuat kunjungan wisman masih datar selama tahun 2021, bahkan dimulai sejak April 2020 hingga sekarang," imbuhnya.

Margo menyoroti laporan tersebut lantaran jumlah kunjungan wisman memengaruhi berbagai indikator penting terkait dengan produk domestik bruto (PDB).

"Kegiatan parawisata ini berpengaruh besar kepada kondisi ekonomi di Indonesia," tambahnya.

Secara kumulatif, jumlah kunjungan wisman pada Januari-September 2021 mengalami penurunan sebesar 67% jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Padahal, jumlah kunjungan wisman sejak 2016 hingga 2019 menunjukkan perkembangan yang positif.

"Sebenarnya tren dari 2016 ke 2019 cukup bagus, terus meningkat. Namun, pada 2020 pandemi Covid-19 menghantam seluruh negara, termasuk Indonesia, maka terjadi penurunan yang cukup tinggi. Bahkan hingga sekarang belum menunjukkan perbaikan," tandasnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini