Peringatan PM Singapura: Jika China Acak-acak Taiwan, Bukan Perang yang Terjadi, tapi Kecelakaan...

Peringatan PM Singapura: Jika China Acak-acak Taiwan, Bukan Perang yang Terjadi, tapi Kecelakaan... Kredit Foto: Bloomberg

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong memperingatkan pada Rabu (17/11/2021) bahwa ketegangan yang meningkat di Selat Taiwan tidak mungkin mengarah pada "perang dalam semalam." Tetapi lebih dari itu, berada dalam keadaan di mana "kecelakaan atau salah perhitungan" dapat terjadi.

Pernyataan Lee di Bloomberg New Economy Forum datang di tengah fokus baru pada masalah Taiwan. Ini juga menjadi berita utama pertemuan virtual Senin antara Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden.

Baca Juga: Alert! Joe Biden Klarifikasi Komentar Tentang Taiwan Adalah Negara Merdeka

“Saya pikir kita harus khawatir,” kata Lee dalam sebuah wawancara ekstensif dengan pemimpin redaksi Bloomberg John Micklethwait selama jamuan makan malam di forum tersebut.

Pria berusia 69 tahun itu mengajukan berbagai pertanyaan dalam sesi 45 menit, tentang perdagangan regional, pajak karbon dan kekayaan, situasi Covid-19 di Singapura

Bukan cuma itu, rencananya yang sekarang tertunda untuk pensiun dan menyerahkan kekuasaan kepada pemerintah. penggantinya dalam Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa.

“Saya tidak berpikir itu akan menjadi perang dalam semalam, tetapi ini adalah situasi di mana Anda dapat mengalami kecelakaan atau salah perhitungan dan berada dalam situasi yang sangat sulit,” kata pemimpin veteran Singapura itu ketika ditanya apakah dia khawatir tentang keadaan lintas negara-ikatan selat.

Terlepas dari ketegangan, Lee mencatat bahwa berbagai pihak terkait – Beijing, pemerintah di Taipei dan AS – semuanya “mengatakan hal yang benar”.

Selama pertemuan puncak virtual dengan pemimpin China, Biden telah menegaskan kembali penegakan kebijakan satu-China oleh Amerika, sementara Presiden Xi mengatakan China “tidak terburu-buru untuk menyelesaikan masalah lintas selat”, kata Lee.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini