Wajar Dimusuhi, 300 Kapal Milisi Maritim China Masih Bebas Berkeliaran di Laut China Selatan
Ada sekitar 300 kapal dari milisi maritim China yang berpatroli di Kepulauan Spratly di Laut China Selatan. Langkah ini dilakukan ketika Beijing terus mempertaruhkan klaim kontroversialnya di perairan yang disengketakan, menurut penelitian baru dari Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) di Amerika Serikat.
“Selama tahun 2000-an, milisi mengalihkan fokusnya untuk mengawasi dan melecehkan aktivitas militer asing yang ditentang Beijing,” kata laporan CSIS, tulis Al Jazeera.
Baca Juga: Di Laut China Selatan, Filipina Marah-marah Gegara Aksi Kapal China Pakai Meriam Air
Laporan itu mengutip kasus dugaan kapal milisi menabrak kapal asing, merusak susunan sonar atau peralatan eksplorasi mereka, melemparkan puing-puing di jalan mereka, menembakkan meriam air, dan terlibat dalam manuver berbahaya lainnya.
Kapal itu terdiri atas kapal-kapal milisi yang dibuat khusus dan armada penangkapan ikan komersial, milisi maritim China telah “meledak.” Situasi ini bersamaan dengan klaimnya yang semakin tegas atas hampir seluruh laut, kata CSIS dalam laporan tersebut, yang diterbitkan pada Kamis (18/11/2021) di Washington.
Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei dan Taiwan juga mengklaim bagian dari Laut Cina Selatan di mana Cina telah membangun pulau buatan dengan landasan terbang, pelabuhan terlindung dan infrastruktur militer lainnya.
Milisi maritim China berasal dari pertahanan pantai yang dilakukan selama tahun 1950-an. Sejak China merebut Kepulauan Paracel dari Vietnam pada 1970-an, milisi, yang didukung oleh subsidi pemerintah untuk bahan bakar, konstruksi dan perbaikan, menurut CSIS, telah berkembang dalam ukuran dan cakupan dan menjadi alat dalam membantu Beijing menegaskan klaim teritorial dan maritimnya.
Greg Poling, direktur Program Asia Tenggara dan Inisiatif Transparansi Maritim Asia di CSIS dan salah satu penulis laporan tersebut, mengatakan telah ada upaya yang jelas untuk memprofesionalkan dan membangun milisi sejak presiden Xi Jinping berkuasa.
Kapal penangkap ikan milisi maritim 'profesional' (MMFV), beroperasi dari beberapa pelabuhan di Hainan, sebuah pulau di lepas pantai selatan China.
Sedangkan armada tulang punggung Spratlys (SBFV) adalah kapal penangkap ikan yang beroperasi di lima pelabuhan di provinsi selatan Guangdong, dia berkata. “Nilai milisi adalah karena memiliki tingkat penyangkalan,” kata Poling.
“Beijing hanya dapat mengklaim bahwa ini adalah aktor komersial, tetapi penginderaan jauh dan bukti foto dapat digabungkan untuk membedakan kapal milisi dari non-milisi,” imbuh Poling.
Awal tahun ini, sekitar 200 kapal terlibat dalam perselisihan panjang dengan Filipina di Whitsun Reef yang sebelumnya tidak berpenghuni di Spratly. Pada hari Kamis, Filipina menuduh Penjaga Pantai China memblokir kapal pasokannya dan menggunakan meriam air untuk memaksa mereka berbalik di dekat Second Thomas Shoal –juga di Spratly.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Muhammad Syahrianto
Tag Terkait: