Peta Jalan Adaptasi Pemulihan Pandemi Covid-19 Perlu Sinergi Sektor Kesehatan

Peta Jalan Adaptasi Pemulihan Pandemi Covid-19 Perlu Sinergi Sektor Kesehatan Kredit Foto: Antara/Umarul Faruq

Pandemi COVID-19 masih menjadi krisis kesehatan utama yang menyebabkan dampak besar bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Sebagai upaya merespon keadaan darurat ini, Yayasan Bina Swadaya menggagas penyusunan usulan masukan “Peta Jalan Adaptasi Pengendalian dan Pemulihan Dampak Pandemi Covid-19 di Indonesia untuk Sektor Kesehatan” yang bisa menjadi panduan komprehensif bagi semua pihak untuk menuju percepatan pemulihan inklusif.

Peta jalan dapat digunakan untuk mengakselerasi tingkat vaksinasi masyarakat dan memastikan ketersediaan berbagai obat antivirus di pusat layanan kesehatan. Selain itu, peta jalan juga berguna sebagai indikator penanganan pandemi khususnya dalam memitigasi potensi terjadinya lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 akibat mobilitas orang pada libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Baca Juga: 4 Langkah Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Jelang Nataru

Deputi 3 Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Agus Suprapto, mengapresiasi atas dibuatnya peta jalan ini, yang menurutnya akan menjadi bahan perhatian pemerintah dalam menetapkan kebijakan. Ia menilai situasi saat ini sudah sangat kondusif bagi Indonesia karena penularan Covid-19 mulai terkendali. Kita harus bisa mempertahankan situasi ini menjadi lebih baik dengan membangun koordinasi bersama berbagai pihak, baik di pusat maupun di daerah.

Agus menilai mengubah dari pandemi menjadi endemi tidaklah mudah. Salah satunya vaksinasi, ada provinsi yang persentase sudah sangat tinggi. Di sisi lain ada pula yang masih rendah hanya berkisar 20%-30%.

“Tugas kita adalah mendorong terciptanya sistem kesehatan untuk mengatasi kesenjangan tersebut dengan cepat. Kerja sama semua pihak untuk membangun sistem kesehatan di masing-masing daerah menjadi kunci,” ujarnya dalam Diseminasi Publik: Usulan Masukan Peta Jalan Adaptasi Pengendalian dan Pemulihan Dampak Covid-19 di Indonesia untuk Sektor Kesehatan, Jumat (19/11/2021).

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini