Jangan Berharap Ini Menimpa Anda! Hormon Testosteron Rendah Bisa Sebabkan Hal Mengerikan

Jangan Berharap Ini Menimpa Anda! Hormon Testosteron Rendah Bisa Sebabkan Hal Mengerikan Kredit Foto: Unsplash/hello i'm Nik

Testosteron adalah hormon yang ditemukan pada manusia, serta pada hewan lain. Pada pria, testis terutama membuat testosteron.

Testosteron paling sering dikaitkan dengan dorongan seks dan memainkan peran penting dalam produksi sperma. Testosteron punya kaitan erat dengan pria, meski demikian ternyata ovarium wanita juga membuat testosteron, meskipun dalam jumlah yang jauh lebih kecil.

Pertanyaan adalah apa yangterjadi saat hormon testosteron Anda rendah? Apakah ada dampak masalah kesehatan yang akan terjadi?

Baca Juga: Kesehatan Seksual: Apa Itu Hormon Testosteron?

Melansir laman kesehatan Healthline, karena testosteron mempengaruhi begitu banyak fungsi, penurunannya dapat membawa perubahan fisik dan emosional yang signifikan. Berikut kemungkinan dampak yang akan ditimbulkan akibat kadar testosteron rendah

Fungsi seksual

Testosteron adalah hormon yang paling bertanggung jawab untuk dorongan seks dan libido tinggi pada pria. Penurunan testosteron dapat berarti penurunan libido. Salah satu kekhawatiran terbesar yang dihadapi oleh pria dengan penurunan kadar testosteron adalah kemungkinan bahwa hasrat dan kinerja seksual mereka akan terpengaruh.

Seiring bertambahnya usia pria, mereka dapat mengalami sejumlah gejala yang berkaitan dengan fungsi seksual yang mungkin disebabkan oleh penurunan kadar hormon ini.

Perubahan fisik

Sejumlah perubahan fisik dapat terjadi pada tubuh Anda jika Anda memiliki kadar testosteron rendah. Testosteron kadang-kadang disebut sebagai hormon "pria". Ini membantu meningkatkan massa otot, menyebabkan rambut tubuh, dan berkontribusi pada bentuk maskulin secara keseluruhan.

Baca Juga: Duh… Ngeri Banget Ternyata Diabetes Bisa Sebabkan Hormon Testosteron Rendah, Tidak Bisa Ereksi?

Penurunan testosteron dapat menyebabkan perubahan fisik termasuk yang berikut:

  • lemak tubuh meningkat
  • penurunan kekuatan/massa otot
  • tulang rapuh
  • rambut tubuh berkurang
  • pembengkakan / nyeri pada jaringan payudara
  • semburan panas
  • peningkatan kelelahan
  • efek pada metabolisme kolesterol

Gangguan tidur

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini