Tata Skola Wujudkan Sistem Digitalisasi Keuangan Sekolah Aman & Transparan

Tata Skola Wujudkan Sistem Digitalisasi Keuangan Sekolah Aman & Transparan Kredit Foto: Tata Skola

PT Tataskola Teknologi Indonesia (Tata Skola), perusahaan teknologi sistem tata kelola keuangan untuk sekolah, berkolaborasi bersama Ikatan Guru Indonesia wilayah Jakarta (IGI Jakarta) melalui acara edukasi dan diskusi untuk pimpinan yayasan dan sekolah. Acara yang dilaksanakan pada hari ini (20/11) merupakan bentuk dukungan dari Tata Skola kepada para pimpinan yayasan dan sekolah swasta melalui pemberian informasi mengenai pentingnya digitalisasi keuangan sekolah, sekaligus membuka ruang bertukar pikiran dalam mengembangkan ekosistem pendidikan melalui implementasi teknologi pada pembukuan sekolah.

Nadiem Makarim, selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) menekankan mengenai pentingnya adaptasi teknologi pada sektor pendidikan saat ini. Pada acara pertemuan Forum dan Bisnis Indonesia dengan Amerika Latin dan Karibia tahun 2021 (INA-LAC Business Forum 2021), Mendikbud Ristek mengatakan bahwa terdapat dua inisiatif utama pada program digitalisasi sekolah, yaitu distribusi perangkat Teknologi Informasi (TI) ke sekolah dan pengembangan platform digital pendidikan secara gratis. Baca Juga: Sinergi Bersama DANA dan Bukalapak: Siapkan Tren Digitalisasi di Masa Mendatang

Patricia Sanjoto, selaku Wakil Direktur Tata Skola mengatakan, “Kami sangat senang dengan besarnya dukungan Pemerintah untuk digitalisasi sekolah di Indonesia. Tentunya, banyak sekolah yang dapat terus mengembangkan kompetensi tata kelola sekolah dengan meningkatnya adaptasi teknologi di lingkungan sekolah. Tata Skola hadir dengan melihat banyaknya sekolah-sekolah di Indonesia yang masih menerapkan metode konvensional dalam tata kelola mereka, terutama dalam keuangan. ”

“Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Tata Skola pada bulan Februari-Maret 2021, banyak sekali terjadinya kesalahan data atau laporan yang tidak akurat dikarenakan banyaknya data yang harus diinput secara manual, tidak praktis, serta membutuhkan banyak waktu. Pada ekosistem keuangan yang sudah digital, semua itu dilakukan secara praktis dan otomatis. Dengan seperti itu, sekolah dapat meminimalkan kesalahan dan meringankan pekerjaan bendahara dan tata usaha. Harapan kami teknologi canggih Tata Skola mampu mempermudah tata kelola sekolah lebih praktis dan efisien serta sekolah yang sudah menerapkan digitalisasi dengan Tata Skola dapat menginspirasi sekolah lainnya juga,” tutup Patricia.

Mengangkat tema “Digitalisasi Ekosistem Keuangan Sekolah”, acara ini menjadi ruang diskusi serta kerja sama dalam mengembangkan ekosistem keuangan sekolah melalui implementasi teknologi, memberikan pengetahuan mengenai pentingnya digitalisasi sekolah, serta mengajak sekolah maupun yayasan untuk memanfaatkan peluang teknologi sebagai infrastruktur tata kelola sekolah agar bisa implementasi digitalisasi pendidikan secara menyeluruh. 

Djamaludin, Ketua IGI DKI Jakarta mengatakan “Digitalisasi pendidikan yang menyeluruh perlu diadaptasi oleh sekolah di Indonesia. Dengan ekosistem keuangan sekolah yang digital, kecil kemungkinan kesalahan yang dilakukan pihak sekolah dalam merekap semua keuangan. Selain itu, dengan adanya digitalisasi keuangan sekolah menghadirkan transparansi antara pihak tata usaha maupun bendahara, membantu kepala sekolah menganalisa kesehatan finansial sekolah, hingga mempermudah kepala yayasan dalam melihat arus kas sekolah.” 

“Dari sisi orang tua murid, diharapkan dapat diberikan layanan yang dapat diakses di mana saja, kapan saja untuk pembayaran iuran sekolah sehingga dapat membayarkan tagihan secara tepat waktu. Hal ini tentunya mampu memberikan kenyamanan komunikasi antara sekolah dan orang tua murid, serta aman dalam menangani data sensitif dan juga bersifat pribadi. Harapan kami Tata Skola mampu memberikan layanan tata kelola sekolah yang dapat mempermudah pekerjaan dan komunikasi antara orang tua dan pihak sekolah,” tutup Djamaludin.

Pada awal November 2021, Tata Skola bersama Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Lotus Light Charity Society Indonesia menghadirkan program sosial #TataSkolaBerbagi dengan memberikan paket sembako kepada guru-guru honorer di wilayah DKI Jakarta. Melalui program #TataSkolaBerbagi, Tata Skola ingin menyampaikan apresiasinya terhadap guru honorer yang sudah mendedikasikan dirinya terhadap pendidikan di Indonesia.

Tata Skola akan resmi diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2022 dan diberikan secara gratis ke seluruh sekolah di Indonesia. 

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini