Dirut Pelindo: Integrasi Keseluruhan Diharapkan Selesai di Kuartal-II 2022

Dirut Pelindo: Integrasi Keseluruhan Diharapkan Selesai di Kuartal-II 2022 Kredit Foto: Muhamad Ihsan

Presiden Direktur PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, Arif Suhartono, mengatakan proses integrasi Pelindo dan anak perusahaan Pelindo diharapkan selesai pada kuartal-II 2022.

Pada acara Media Gathering & Sharing Session PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Sabtu, 13 November 2021 di Ubud, Bali, Arif menjelaskan jika nantinya ada 4 subholding dengan masing-masing subholding akan membawahi empat klaster bisnis Pelindo.

Baca Juga: Pelindo: Layanan Kepelabuhan Menjadi Anchor Penurunan Biaya Logistik Nasional

"Pelindo punya empat klaster bisnis, yaitu peti kemas; non-peti kemas; logistik dan pengembangan daerah pesisir (hinterland), serta kelautan, peralatan, dan pelayanan pelabuhan. Nantinya, semua aktivitas bisnis tersebut akan dikonsolidasi ke empat anak perusahaan Pelindo," kata Arif Suhartono.

Dia juga menuturkan bahwa proses integrasi dimulai dari inbreng Pelindo I, Pelindo III, dan Pelindo IV ke surviving entity atau Pelindo II menjadi entitas PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo. Kemudian setelah itu akan di-inbreng ke subholding sebagai business owner.

"Ini yang memerlukan waktu proses yang cukup lama. Namun, sudah kami lakukan juga sejak awal di mana subholding sudah mulai mengelola empat klaster bisnis tersebut, tetapi baru dengan kuasa operasi. Jadi, nanti diharapkan di kuartal-II 2022 semua bisnis sudah ter-settle, masing-masing anak perusahaan juga sudah terkonsolidasi dengan klaster bisnisnya, dan yang lain-lain diharapkan juga sudah settle," tambahnya.

Arif Suhartono juga menjabarkan keempat subholding dengan masing-masing klaster bisnisnya. Pertama, untuk operasional peti kemas nanti subholding-nya adalah PT Pelindo Terminal Petikemas. Kedua, untuk penyediaan jasa multipurpose terminal adalah PT Pelindo Multi Terminal. Ketiga, untuk layanan logistik terintegrasi dan hinterland development itu PT Pelindo Solusi Logistik. Keempat, untuk marine services adalah PT Pelindo Jasa Maritim.

PT Pelindo Terminal Petikemas adalah anak perusahaan Pelindo yang bergerak di pengoperasian terminal peti kemas yang saat ini telah memiliki 15 cabang dengan 7 anak perusahaan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Sementara itu, anak perusahaan Pelindo yang bergerak di bidang penyediaan jasa multipurpose terminal, di antaranya curah cair, curah kering, dan general cargo adalah PT Pelindo Multi Terminal. PT Pelindo Solusi Logistik nantinya akan bergerak di bidang jasa logistik terintegrasi dan pengembangan daerah pesisir (hinterland), dan PT Pelindo Jasa Maritim bergerak di bidang peralatan, pelayanan kelautan dan kepelabuhan.

Penulis: Putu Rusta Adijaya

Laporan: Muhamad Ihsan

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini