Ahok Bakal Gantikan Anies, Diangkat jadi Plt Gubernur DKI Langsung oleh Jokowi? Ternyata...

Ahok Bakal Gantikan Anies, Diangkat jadi Plt Gubernur DKI Langsung oleh Jokowi? Ternyata... Kredit Foto: Instagram/Basuki Tjahaja Purnama

Beredar sebuah kabar yang menyebutkan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) secara resmi dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta.

Adapun kabar tersebut muncul dalam sebuah video di YouTube yang berjudul Dipilih Langsung Oleh Jokowi !! Ahok Resmi Jadi PLT Gubernur DKI.

Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Ahok Disebut Lebih Banyak Mudharat Ketimbang Manfaatnya

Video tersebut pun diunggah oleh pemilik akun YouTube RODA POLITIK yang mana menampilkan hasil wawancara Presiden Jokowi yang membahas terkait calon gubernur sebuah ibu kota. Video tersebut pun berhasil meraih sebanyak 10 ribu penonton dan komentar. Adapun narasi yang diangkat pemilik akun tersebut adalah sebagai berikut:

"BERITA TERBARU - Dipilih Langsung Oleh Jokowi !! Ahok Resmi Jadi PLT Gubernur DKI."

Untuk cek fakta, nyatanya belum pernah ada informasi atau keterangan resmi dari media massa ataupun pihak berwenang terkai ditunjuknya Ahok menjadi Plt Gubernur DKI.

Gubernur DKI Jakarta sendiri, Anies Baswedan, saat ini masih aktif menjabat dan belum pernah dikabarkan akan diturunkan. Masa jabatannya pun baru akan berakhir pada Oktober 2022 mendatang.

Adapun narasi yang diangkat oleh pemilik akun tersebut pada faktanya melenceng dari informasi yang sebenarnya. Meskipun memang hasil wawancara tersebut menyebutkan nama Ahok dan menyinggung terkait wacana Plt Gubernur Ibu Kota, sebenarnya yang dimaksudkan adalah terkait Plt Gubernur Ibu Kota baru yang rencananya akan berlokasi di Kalimantan Timur.

Baca Juga: Bikin Kaget Lihat Survei DS, 80 Persen Netizen Dukung Sosok Ini Jadi Kepala Ibu Kota Baru

Sementara jabatan Plt Gubernur Ibu Kota baru tersebut memang menjadi hak prerogatif presiden, dan Ahok menjadi salah satu nama yang dicalonkan mengisi jabatan tersebut.

"Untuk Badan Otoritas Ibu Kota Negara, ini memang kami akan segera tandatangani perpres di mana nanti ada CEO-nya. Sampai sekarang belum diputuskan. Akan diputuskan dalam minggu ini," kata Jokowi dalam wawancara di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Maret 2020 lalu, seperti dilansir dari Tribun Banjarmasin Post yang terbit pada Maret 2020, Selasa (23/11/2021).

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Populis Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Populis. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Populis.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini