Undang Taiwan ke KTT Demokrasi, China ke Biden: Anda Membuat Kesalahan Serius!

Undang Taiwan ke KTT Demokrasi, China ke Biden: Anda Membuat Kesalahan Serius! Kredit Foto: Reuters/Ann Wang

Pemerintah China menuduh Joe Biden melakukan “kesalahan” dalam mengundang Taiwan untuk berpartisipasi dalam pertemuan puncak KTT Demokrasi bersama 109 pemerintah demokratis lainnya.

Taiwan termasuk dalam daftar peserta untuk KTT Demokrasi bulan depan, yang diterbitkan oleh departemen luar negeri pada Selasa (23/11/2021), The Guardian melaporkan.

Baca Juga: Ada KTT Demokrasi, Biden Siap Undang Taiwan Hadir, China Bakal Marah-marah?

Taiwan adalah negara demokrasi dan pemerintahan sendiri, tetapi Beijing mengklaim itu adalah provinsi China dan menuduh pemerintahnya melakukan separatisme.

Pertemuan perdana dianggap sebagai ujian atas janji Biden bahwa ia akan mengembalikan AS ke posisi yang menegaskan kepemimpinan global untuk menantang kekuatan otoriter yang dipimpin oleh China dan Rusia. Keduanya tidak termasuk dalam KTT virtual, yang dijadwalkan pada 9 dan 10 Desember.

Pada Rabu (24/11/2021), Zhu Fenglian, juru bicara Kantor Urusan Taiwan China, mengatakan dimasukkannya Taiwan adalah "kesalahan" dan Beijing menentang "interaksi resmi antara AS dan wilayah Taiwan China".

“Sikap ini jelas dan konsisten. Kami mendesak AS untuk tetap berpegang pada prinsip 'satu China' dan tiga komunike bersama," katanya.

Kebijakan 'satu China' AS mengakui bahwa Beijing mengklaim Taiwan sebagai provinsi tetapi tidak mengatakan mengakui klaim tersebut.

Sejak menjabat, Biden dan Gedung Putih telah menegaskan kembali dukungan lama AS untuk kebijakan "satu China", yang secara resmi mengakui Beijing daripada Taipei, tetapi juga mengatakan AS "sangat menentang upaya sepihak untuk mengubah status quo atau merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan”.

Seorang juru bicara kantor kepresidenan Taiwan berterima kasih kepada Biden atas undangan KTT tersebut, dan mengatakan mereka akan menjadi “kekuatan untuk kebaikan dalam masyarakat internasional”.

“Taiwan akan bekerja sama dengan kuat dengan negara-negara yang berpikiran sama untuk melindungi nilai-nilai universal seperti kebebasan, demokrasi dan hak asasi manusia; dan juga menjaga perdamaian, stabilitas dan pembangunan regional,” kata juru bicara, Xavier Chang.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini