Investor Global Masih Minati Indonesia

Investor Global Masih Minati Indonesia Kredit Foto: Fajar Sulaiman

Lembaga pemeringkat Fitch masih mempertahankan peringkat utang Indonesia atau Sovereign Credit Rating  pada peringkat BBB (investment grade) dengan outlook stabil pada 22 November 2021.

Adapun faktor kunci yang menjadi acuan Fitch sehingga Indonesia tetap menarik untuk investasi adalah prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka menengah yang masih positif.

Selain itu rasio utang pemerintah terhadap PDB yang rendah. Namun, Fitch melihat masih ada beberapa tantangan yang membayangi, yaitu ketergantungan terhadap pembiayaan eksternal yang tinggi, penerimaan pemerintah yang rendah, serta fitur-fitur struktural, seperti PDB per kapita dan indikator tata kelola, yang relatif tertinggal dibandingkan negara-negara lain pada peringkat yang sama.

Menanggapi penetapan peringkat ini, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyatakan bahwa stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan Indonesia tetap terjaga.

Serta prospek ekonomi jangka menengah yang tetap kuat di tengah perbaikan ekonomi global yang tidak merata dan ketidakpastian pasar keuangan global.

Hal ini didukung oleh kredibilitas kebijakan dan sinergi bauran kebijakan yang kuat antara Bank Indonesia dan pemerintah.

“Ke depan, kami akan terus mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik, mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta terus bersinergi dengan Pemerintah untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional."

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini