Vaksinasi Baru 41 Persen, Afrika Selatan Kini Dihantui Varian Omicron

Vaksinasi Baru 41 Persen, Afrika Selatan Kini Dihantui Varian Omicron Kredit Foto: AP Photo

Terdeteksinya varian covid-19 baru yakni Omicron menimbulkan kekhawatiran di Afrika Selatan. Sebab, tentang tingkat vaksinasi di wilayah itu relatif rendah.

Menurut data resmi, sekitar 41 persen orang dewasa Afrika Selatan telah menerima satu dosis vaksin. Sebanyak 35 persen orang dewasa divaksinasi penuh.

 Baca Juga: Omicron, Varian Baru Covid-19 dari Afrika Selatan, Mengapa WHO Menamainya Demikian?

Dilansir di BBC, Senin (29/11/2021), tingkat vaksinasi harian Afsel telah menurun dan saat ini di bawah Inggris, Uni Eropa dan negara-negara lain.

Afrika Selatan telah menghadapi tantangan dalam hal vaksinasi. Negara itu baru bisa merealisasikan target vaksinasi kurang dari 150 ribu vaksinasi sehari dari target 300 ribu.

Baru-baru ini negara itu meminta Pfizer untuk menunda pengiriman vaksin karena jumlah stok yang menumpuk.

"Kami khawatir bahwa wabah ini sebagian besar di antara kaum muda, jadi ini adalah risiko yang sangat tinggi," kata Menteri Kesehatan Joseph Phaahla.

Sekitar 26 persen dari mereka yang berusia 18 hingga 35 tahun telah divaksinasi dosis tunggal. Sebanyak 21 persen mendapat vaksinasi lengkap.

Departemen Kesehatan di Afrika Selatan percaya bahwa kesalahan informasi vaksin telah memainkan peran rendahnya tingkat vaksinasi di negara itu.

Informasi yang salah juga telah menyebar tentang keamanan vaksin, meskipun sejumlah besar bukti dari uji klinis dan miliaran yang sudah disuntik menunjukkan komplikasi sangat jarang.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini