Amerika Peringatkan Rusia Tentang Konsekuensi Serius dari Setiap Agresi di Ukraina

Amerika Peringatkan Rusia Tentang Konsekuensi Serius dari Setiap Agresi di Ukraina Kredit Foto: Reuters/Luisa Gonzalez

Amerika Serikat pada Selasa (30/11/2021) memperingatkan "konsekuensi serius" untuk setiap agresi Rusia yang terus diperbarui di Ukraina. Peringatan itu keluar saat aliansi militer Barat NATO bertemu untuk membahas niat Moskow untuk mengerahkan pasukan di perbatasan dengan Kiev.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dijadwalkan memberi penjelasan singkat kepada 29 rekan NATO-nya tentang gambaran intelijen AS di sisi timur kelompok itu dan di Ukraina, yang bukan anggota.

"Setiap tindakan eskalasi oleh Rusia akan menjadi perhatian besar bagi Amerika Serikat seperti halnya bagi Latvia dan setiap agresi baru akan memicu konsekuensi serius," katanya, seperti dikutip laman Reuters, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Awas! Peringatan Intelijen Ukraina Soal Kudeta yang Didukung Rusia Bikin Ketar-Ketir

Pada konferensi pers di Latvia sebelum pertemuan, Blinken mengungkapkan kekhawatirannya atas gerakan pasukan Rusia yang "tidak biasa".

Dua penambahan pasukan Rusia tahun ini di perbatasan Ukraina telah membuat khawatir Barat. Pada bulan Mei, pasukan Rusia di sana berjumlah 100.000, terbesar sejak aneksasi Rusia atas Krimea pada tahun 2014, kata para pejabat Barat.

Moskow menolak saran Ukraina yang menghasut bahwa pihaknya sedang mempersiapkan serangan, mengatakan tidak mengancam siapa pun, dan membela haknya untuk mengerahkan pasukan sesuai keinginannya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini