KADIN: Swasta Pegang Peranan Penting dalam Wujudkan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca

KADIN: Swasta Pegang Peranan Penting dalam Wujudkan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Kredit Foto: Imamatul Silfia

Wakil Ketua Umum III Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri KADIN Indonesia Shinta W. Kamdani menyatakan, sektor swasta juga turut memegang peranan penting dalam mewujudkan target pemerintah menurunkan emisi gas rumah kaca.

Menurutnya, keterlibatan sektor swasta merupakan suatu hal yang krusial, terutama dalam mengembangkan solusi dan inovasi teknologi.

Baca Juga: Bappenas: Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Capai 24,13% terhadap Baseline pada 2020

"Pemerintah di tingkat nasional harus mulai berkolaborasi dengan pihak swasta, juga pemerintah daerah dan pihak-pihak lainnya untuk pencapaian target iklim yang lebih ambisius," kata Shinta dalam webinar Indonesia Carbon Forum, Rabu (1/12/2021).

Terlebih, salah satu fokus pada COP26 kemarin adalah percepatan adopsi teknologi pada energi terbarukan (EBT) di negara berkembang guna mengurangi profil risiko untuk investasi. "Ini juga memerlukan keterlibatan sektor swasta," tambahnya.

Upaya penurunan emisi gas rumah kaca juga dapat dilakukan melalui pendekatan berbasis pasar yang berdasar pada aspek nilai ekonomi karbon atau carbon pricing. Dalam implementasinya, kebijakan net ini memerlukan kerja sama dan kolaborasi berbagai pihak, termasuk swasta, dalam upaya penanggulangan iklim dan penurunan emisi karbon untuk mencapai ekonomi yang berkelanjutan.

"Dengan ini diharapkan nantinya investasi hijau global juga akan berlomba datang ke Indonesia. Kesempatan ini akan menjadikan Indonesia sebagai acuan dan tujuan investasi rendah karbon di berbagai sektor, terutama sektor energi, transportasi, dan industri manufaktur," tandasnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini