Punya Banyak Manfaat, BCA Siap Terapkan SNAP BI

Punya Banyak Manfaat, BCA Siap Terapkan SNAP BI Kredit Foto: BCA

PT Bank Central Asia Tbk atau BCA menyatakan kesiapannya untuk mengikuti dan menerapkan Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) yang diinisiasi Bank Indonesia (BI).

SNAP merupakan standar nasional yang ditetapkan BI atas seperangkat protokol dan instruksi yang memfasilitasi interkoneksi antaraplikasi secara terbuka dalam pemrosesan transaksi pembayaran. Penetapan SNAP bertujuan menciptakan industri sistem pembayaran yang sehat, kompetitif, dan inovatif sehingga dapat menyediakan layanan sistem pembayaran kepada masyarakat yang efisien, aman dan andal.

"Pak Novyanto (Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI), kami juga siap mengkonversi beberapa layanan yang sudah standar nantinya sesuai jadwal dan timeline yang diberikan BI," ujar EVP Transaction Banking Product Development BCA Jan Hendra saat webinar Warta Ekonomi di Jakarta, baru-baru ini. 

Menurutnya, open API sangat bermanfaat bagi transformasi digital khususnya di industri perbankan. Salah satunya ialah perbankan dapat menambah fitur dan layanan di internet dan mobile banking yang dimiliki.

"Kita menambah terus fitur layanan di BCA Mobile hingga layanan yang bukan layanan perbankan biasa. Para nasabah bisa booking tiket pesawat, tiket kereta, belanja harian, beli voucher game dan sebagainya di BCA Mobile. Hal ini terjadi karena kami gunakan teknologi API yang membawa perubahan transformasi digital di industri keuangan yang sebelumnya tidak terbayangkan," pungkasnya.

Lebih lanjut, Jan Hendra menuturkan, dalam mengembangkan digital banking di BCA, pihaknya berkomitmen untuk memperkuat ekosistem digital di internal BCA dan terus berkolaborasi dengan partner-partner strategic yang ada industri keuangan. Salah satu bentuknya ialah open API.

"Yang paling penting bagaimana seluruh karyawan BCA siap dalam memberikan layanan digital BCA yang relevan bagi nasabah," tuturnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini