Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jumat Besok, DPRD DKI Umumkan Ahok sebagai Gubernur

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - DPRD DKI Jakarta pada Jumat pekan ini (14/11/2014) akan menggelar rapat paripurna untuk mengumumkan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi menanggapi instruksi Kementerian Dalam Negeri yang memutuskan agar dewan menggelar rapat paripurna pelantikan itu.

Sebelum rapat paripurna pengumuman, lanjut Prasetyo, DPRD juga akan mengadakan rapat pimpinan pada Kamis besok (13/11/2014). Politisi PDI Perjuangan tersebut memperhitungkan jika semuanya lancar maka pada Selasa 18 November 2014 Ahok tinggal dilantik menjadi gubernur.

"Instruksi Kemendagri akan saya laksanakan," kata Prasetyo di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Senin (11/11/2014) lalu.

Meski Prasetyo memahami adanya pertentangan dari anggota dewan lain tentang naiknya jabatan Ahok sebagai DKI 1, tapi hal itu tidak akan berpengaruh terhadap keputusan rapat paripurna. "Ini perintah dari Mendagri. Kalau tidak dilakukan berarti melanggar konstitusi," imbuhnya.

Ia menyarankan bagi anggota dewan yang merasa keberatan akan pengangkatan Ahok menjadi gubernur supaya menggugat ke Mahkamah Konstitusi.

Sebelumnya, Surat Keputusan Kementerian Dalam Negeri menginstruksikan kepada DPRD DKI untuk segera melantik Basuki Tjahaja Purnama sebagai Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo. Melalui surat edaran bernomor 121.32/4438/OTDA ini Kemendagri menginstruksikan agar DPRD DKI segera melaksanakan paripurna pengesahan, pengangkatan, dan pelantikan Ahok dalam sisa masa jabatannya sampai 2017.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: