Hati-hati Mas Anies Hati-hati, Anda Bisa Apes di Pilpres 2024 Kalau Hanya Andalkan Kelompok 212

Hati-hati Mas Anies Hati-hati, Anda Bisa Apes di Pilpres 2024 Kalau Hanya Andalkan Kelompok 212 Kredit Foto: Instagram/Anies Baswedan

Direktur Eksekutif Indostrategic, Ahmad Khoirul Umam menilai langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di gelaran Pilpres 2024 bisa saja berjalan tidak mulus jika  dirinya hanya hanya didukung  oleh kelompok 212.

Sebab, kelompok 212 lanjut Ahmad hanya satu varian kecil dari sejumlah kelompok islam di Tanah Air. Ahmad menegaskan,salah satu kelompok  muslim yang paling menentukan kemenangan di Pilpres  adalah NU.

"Jadi 212 itu hanya satu varian di antara sekian banyak varian-varian lain, kalau kita lihat di (Pilpres) 2019 yang sangat menentukan di level itu justru NU. Mau enggak mau, diakui atau tidak," kata Ahmad kepada wartawan Senin (6/11/2021).

Baca Juga: Tiga Besar Capres 2024 'Prabowo-Ganjar-Anies' Disebut Tak Akan Bertahan Lama, Ada Sosok Baru

Harus diakui, Anies Baswedan selama ini memang didukung penuh oleh kelompok 212, kelompok ini pula yang banyak membantu Anies  memenang Pilkada DKI 2017 silam. Namun dil level nasional Anies Baswedan tentu tidak hanya mengandalkan kelompok 212.

Untuk memuluskan langkahnya di Pilpres 2024 mendatang, Anies   Baswedan disarankan untuk buru-buru membangun hubungan baik dengan tokoh-tokoh NU.

"Kalau misalkan memang Mas Anies memiliki niat di 2024. Saya pikir dia juga sudah memiliki sense untuk melakukan itu, maka kemudian komunikasi terhadap jaringan NU terutama pesantren, kiai, harus dilakukan secepatnya," kata Ahmad. 

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Populis Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Populis. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Populis.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini