Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Capex Krakatau Steel Tak Sepenuhnya Terpakai

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) menyatakan bahwa tahun ini alokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) perseroan tidak akan terealisasi sepenuhnya.

Direktur Keuangan Krakatau Steel Sukandar menyatakan akan memangkas anggaran belanja modalnya pada tahun ini. Dari total alokasi dana sebesar US$500 juta, perseroan hanya akan menggunakan capex sebesar US$ 320 hingga US$ 350 juta.

"Tertundanya sejumlah proyek pengembangan baja menjadi salah satu alasan tidak terserapnya dana belanja modal pada tahun ini," katanya di Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Menurut Sukandar, capex akan digunakan untuk pengembangan proyek yang sifatnya multiyears. Jadi, meskipun tidak terserap habis, tetapi Krakatau Steel dapat menariknya untuk menjadi tambahan belanja modal pada tahun depan.

"Salah satu alokasi terbesar penggunaan belanja modal digunakan untuk pengembangan pabrik Blast Furnace yang sudah mencapai 62%," ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan perseroan juga telah berhasil untuk menyelesaikan pembangunan dermaga milik salah satu entitas usahanya, PT Krakatau Bandar Samudra. Dermaga ini dapat menampung kapal berukuran 30 ribu hingga 200 ribu DWT.

Adapun pengembangannya meliputi pembangunan dermaga lima, enam, conveyor line, ship unloader, dan akses jalan. Melalui penambahan dermaga ini, kapasitas pelabuhan perseroan dapat meningkat menjadi 25 juta ton per tahun dari kapasitas terpasang sebelumnya 10 juta ton per tahun.

"Proyek ini dapat memberikan tambahan pendapatan sebesar US$ 28 juta per tahun atau sekitar Rp 280 miliar," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: