BI Sebut Rupiah Mata Uang Terbaik Asia, Gimana Nasib Rupiah terhadap Dolar AS Hari Ini?

BI Sebut Rupiah Mata Uang Terbaik Asia, Gimana Nasib Rupiah terhadap Dolar AS Hari Ini? Kredit Foto: Antara/Mohamad Hamzah

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Dody Budi Waluyo, mengatakan bahwa rupiah menjadi salah satu mata uang terbaik di Asia. Menurutnya, depresiasi rupiah yang berada di bawah 2% menjadi indikator bahwa rupiah lebih baik daripada mata uang negara Asia lainnya.

"Jauh di bawah kita ada Thailand, Malaysia, hingga Singapura yang memiliki depresiasi nilai tukarnya hingga belasan persen. Kita (rupiah) hanya di kisaran 1,3% hingga 1,6%," pungkasnya pada Senin, 6 Desember 2021 lalu. Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini Kinclong, Cek Harga Sebelum Borong!

Ia pun berharap, bank sentral dapat terus menjaga stabilitas nilai tukar rupiah sehingga tidak terjadi perubahan yang signifikan. Sementara itu, rupiah terpantau melemah di kisaran Rp14.400 per dolar AS pada perdagangan hari ini, Selasa, 7 Desember 2021. 

Rupiah membukukan koreksi sedalam -0,11% ke level Rp14.408 per dolar AS pada Selasa pagi. Mata uang Garuda juga tengah tak berdaya di hadapan dolar Australia (-0,14%), euro (-0,19%), dan poundsterling (-0,23%).

Di Asia, rupiah cenderung tertekan karena hanya menguat atas dolar Taiwan (0,44%), baht (0,16%), dan ringgit (0,03%). Selebihnya, rupiah kini melemah atas dolar Singapura (-0,16%), yen (-0,11%), dolar Hong Kong (-0,11%), dan yuan (-0,09%). 

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini